/Cara Cek Versi Windows 10
Cara Cek Versi Windows 10

Cara Cek Versi Windows 10

Mengetahui versi Windows agaknya menjadi hal yang cukup penting, terlebih ketika hendak menginstal sistem operasi. Dengan begitu, kita jadi lebih tahu apa yang menjadi keunggulan versi Windows tersebut.

Sebagai contoh pada Windows 10. Sistem operasi ini memiliki banyak versi mulai dari 1507 sampai 1909 atau versi terbaru. Nah, dari versi tersebut, fitur-fitur yang ditawarkan juga sudah pasti berbeda.

Seperti yang dikatakan oleh charis.id pada artikel cara install Windows 10, bahwasannya tampilan Windows 10 memang cukup mirip. Namun, tetap ada perbedaan baik dari tampilan itu sendiri maupun dari fitur yang ditawarkan.

Nah, untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui versi Windows terlebih dahulu ketika hendak mendownload file ISO untuk instalasi. Dengan begitu, Anda bisa memilih versi yang sesuai dengan keinginan.

Cara Mengetahui Versi Windows 10

Untuk mengetahui versi Windows 10, Anda cukup menggunakan program yang sudah disediakan. Jadi, Anda tidak perlu download aplikasi pihak ketiga.

Berikut adalah cara untuk cek versi Windows 10:

1. About Windows (Winver)

cara mengetahui versi windows 10

About Windows adalah fitur yang memang dirancang khusus untuk mengetahui versi Windows. Sebenarnya bukan hanya versi ya, lebih tepatnya informasi tentang sistem operasi tersebut.

Dengan program ini, Anda bisa melihat informasi Windows seperti OS yang digunakan, versi dan OS build yang digunakan, serta sedikit penjelasan mengenai sistem operasi Windows 10.

Berikut adalah cara cek versi Windows 10 yang pertama:

  1. Pertama, buka Run dengan cara tekan tombol Windows + R.
  2. Setelah itu akan muncul jendela Run, silahkan ketikkan winver lalu tekan Enter.
  3. Jika sudah, Anda akan melihat tampilan seperti gambar di atas.
  4. Selesai.

2. Dxdiag

cek versi windows 10

Dxdiag merupakan sebuah program yang menampilkan informasi tentang spesifikasi singkat tentang hardware dan driver yang terinstall di Windows. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan program ini untuk mengetahui versi Windows.

Oh ya, selain untuk Windows 10, program ini juga bisa digunakan untuk mengetahui versi Windows 7 dan Windows 8 ya. Jadi, jika Anda punya OS tersebut, bisa dicek dengan cara ini juga.

Berikut caranya:

  1. Sama halnya dengan cara pertama, Anda harus membuka Run terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + R.
  2. Jika sudah muncul jendela, silahkan ketikkan dxdiag lalu tekan Enter.
  3. Tunggu beberapa saat sampai Dxdiag terbuka. Anda bisa mengecek versi Windows pada bagian Operating System.
  4. Selesai.

3. About your PC

cara mengetahui versi windows

About your PC ini juga hampir mirip dengan About Windows. Bedanya, program ini juga menampilkan spesifikasi terkait hardware laptop yang digunakan seperti processor, RAM, system type, dan lainnya.

Tidak seperti cara ke-2 yang bisa digunakan untuk Windows 7 dan Windows 8. Yang saya tahu, cara ini hanya bisa digunakan pada Windows 10 saja, soalnya fitur ini termasuk baru dan memang belum tersedia untuk Windows 7 dan Windows 8.

Untuk menggunakannya cukup mudah, ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan klik icon pencarian pada taskbar Windows.
  2. Setelah itu, ketikkan About your PC dan buka program paling atas.
  3. Jika sudah, maka Anda akan melihat tampilan seperti gambar di atas.
  4. Selesai.

Untuk melihat versi Windows dengan About your PC, Anda harus scroll ke bawah sedikit karena pada bagian atas adalah informasi terkait spesifikasi laptop.

Itulah cara yang bisa digunakan untuk cek versi Windows 10. Sampai disini, Anda sudah bisa mengetahui versi Windows 10 dengan 3 langkah mudah.

Selain cara di atas, sebenarnya masih ada cara lain, baik yang menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Namun, saya rasa cara di atas sudah sangat cukup kalau sekadar untuk cek versi Windows.

Keterangan

Bagi yang masih bingung “mana sih versi Windowsnya?”, akan saya jelaskan sedikit. Agar lebih mudah, ambil contoh pada gambar di atas saja yaa…

Jadi, yang dimaksud versi Windows adalah angka 1909. Versi ini biasanya meningkat secara bertahap, karena di belakangnya masih ada OS Build.

Jika ada update kecil, yang akan berubah hanyalah OS Build saja. Sedangkan jika ada update besar-besaran (update mayor), yang akan berubah adalah Windows Version nya.