Cara Install Font di Windows

Cara Install Font di Windows

Font merupakan sebuah set karakter berupa huruf, angka, simbol, serta tanda bacanya yang memiliki gaya berbeda antara font satu dengan font yang lainnya. Dengan begitu, kita bebas memilih font yang disukai untuk digunakan pada perangkat kita.

Di Windows sendiri, sebenarnya sudah disediakan banyak font oleh Microsoft. Namun walaupun begitu, kita tetap bisa menambahkannya jika memang dirasa kurang. Terlebih jika kebutuhannya terkait desain, pasti butuh font yang bervariasi.

Untuk menambahkan font di Windows, sebenarnya caranya tidak sulit. Namun, bagi yang memang belum tahu caranya, mungkin saja dirasa sulit. Tapi tenang, kali ini saya akan memberikan cara install font di Windows.

Cara Menambahkan Font di Windows

Dalam proses penambahan font, kita tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun. Yang dibutuhkan hanyalah web browser untuk download font di situs penyedia font online.

Oh ya, cara ini bisa digunakan untuk hampir semua Windows ya, baik itu Windows 7, Windows 8, hingga Windows 10. Tertarik? Silahkan ikuti langkah di bawah ini.

1. Download Font

Saat ini, sudah banyak situs yang menyediakan font secara gratis maupun berbayar. Namun, dalam contoh ini saya akan menggunakan situs gratis saja yaitu Dafont.

Di Dafont sendiri, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam font keren. Kita bisa memilih font sesuai kategori ataupun memilih font yang sedang populer saat ini.

Berikut cara download font di Dafont:

  1. Semisal saya ingin download font yang sedang populer, maka saya pilih menu Top.cara mengganti font windows
  2. Setelah itu, silahkan scroll ke bawah dan cari font yang ingin Anda gunakan.
  3. Jika sudah ketemu, silahkan download font tersebut dengan klik tombol Download di sebelah kanan.
  4. Tunggu proses download selesai.

Oh ya, di situs ini, Anda juga bisa melihat demo tulisan yang ingin dibuat. Silahkan ketikkan tulisan pada kolom Type your text here lalu tekan Enter pada keyboard.

2. Buka Font

Setelah font selesai didownload, silahkan buka font tersebut. Biasanya, di bagian bawah browser akan ada file hasil downloadnya, silahkan double klik pada file tersebut.

Jika tidak ada, silahkan masuk ke tempat penyimpanan file download. Caranya, masuk ke Windows Explorer > This PC > Download. Nah, pada folder tersebut pasti ada file font yang Anda download tadi.

Khusus pengguna IDM, mungkin Anda tidak akan menemukan file di folder download. Untuk itu, Anda harus masuk ke satu directory lagi yaitu Compressed. Jadi, urutannya adalah Windows Explorer > This PC > Download > Compressed.

3. Install Font

Nah, setelah file font tersebut Anda buka, maka akan ada beberapa file seperti text, file dont, dan screenshot tampilan font seperti gambar di bawah ini.

cara menambah font windows

Untuk menginstall font, Anda hanya perlu fokus pada file font saja, yaitu file dengan icon huruf A dan memiliki format ttf. Cara installnya, silahkan double klik pada file font, jika sudah terbuka, klik Install lalu tunggu prosesnya.

Nah, jika font pada folder tersebut ada banyak, Anda bisa install semuanya. Biasanya, font tersebut adalah gaya font seperti bold, italic, reguler, ataupun bold italic.

Setelah diinstall, Anda sudah bisa menggunakan font tersebut pada aplikasi desain grafis seperti Corel Draw, Photoshop, dan lain sebagainya. Jadi, Anda tinggal mengganti font pada aplikasi yang Anda gunakan.

Bagaimana, sangat mudah, bukan? Yups, cara install font di Windows memang sangat mudah. Jika masih bingung, silahkan ulangi prosesnya dari awal, atau bisa juga dengan menulis komentar di bawah.