Pengertian dan Fungsi RAM (Random Access Memory)

Bagi Anda para pengguna teknologi, tentu sudah tidak asing lagi dengan RAM bukan? RAM sendiri merupakan singkatan dari Random Acces Memory. Piranti yang satu ini ada pada komputer dan gadget lain seperti smartphone.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui bahwa RAM digunakan sebagai penyimpan data primer. Bahkan, tak sedikit pula dari mereka yang menggunakannya sebagai penyimpan data sekunder. Lalu, apakah Anda tahu apa fungsi RAM (Random Access Memory) itu sendiri?

Pengertian RAM

Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsi dari RAM, penting bagi Anda untuk mengetahui pengertian dari piranti tersebut. RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah perangkat keras yang ada di dalam komputer dan perangkat lainnya yang berguna sebagai tempat penyimpanan data sementara dan bertugas mengikuti instruksi dari suatu program.

Tentunya, kapasitas yang dimiliki oleh suatu RAM akan berpengaruh terhadap tingkat kecepatan proses data dari komputer tersebut. Jadi, jika ingin perangkat Anda dapat melakukan proses penyimpanan data, membuka data serta menjalankan program dengan cepat, maka RAM harus memiliki tingkat kapasitas yang tinggi.

Fungsi RAM (Random Access Memory)

Tanpa adanya RAM, proses penyimpanan data pada suatu program tidak dapat berjalan dengan baik. Secara umum, fungsi utama yang dimiliki oleh piranti ini ialah untuk menyimpan dan membaca data saja. Namun ternyata, ada beberapa fungsi lainnya yang dimiliki oleh RAM. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Tempat Penyimpanan Memori Sementara

Fungsi satu ini merupakan fungsi utama yang dimiliki oleh RAM. Memori yang ada pada piranti tersebut akan diteruskan ke CPU untuk pengolahan suatu proses informasi. Proses pengolahan informasi ini sangatlah cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

Namun, kecepatan proses pengolahan informasi tersebut juga tergantung pada kapasitas RAM itu sendiri. Semakin  besar kapasitasnya, maka pengolahan informasi pun akan semakin cepat.

Seperti yang kami kutip dari mods.teknohive.com, selain dari ukuran RAM yang besar yang memperngaruhi kecepatan pengolahan data yakni tipe RAM dan SpeedClock yang dimiliki ram itu sendiri. Ada RAM dengan tipe DDR2, DDR3, DDR4 tentu semakin tipe terkini memiliki kecepatan lebih.

Melakukan Multitasking Pada Komputer atau Gadget

Multitasking di sini diartikan bahwa komputer bisa menjalankan beberapa aplikasi dalam sekali jalan. Tak hanya komputer, fungsi RAM (Random Access Memory) tersebut juga ada dalam gadget seperti smartphone. Agar proses multitasking tidak membuat perangkat komputer atau gadget Anda menjadi lemot, maka harus menggunakan RAM dengan kapasitas yang besar.

Bisa Diakses Kapan Saja

Fungsi lainnya ialah RAM dapat diakses kapan saja. Bahkan, RAM sendiri bisa menyimpan berbagai macam data secara acak. Hal tersebut tentu berbeda dengan ROM yang hanya bisa digunakan untuk menyimpan data internal saja.

Menentukan Spesifikasi Gadget

Ternyata, RAM juga berfungsi untuk menentukan spesifikasi dari gadget itu sendiri. Nah, jika Anda memillih komputer atau gadget baru selain CPU, maka patokan spesifikasi yang harus dilihat adalah ukuran RAM-nya.

Contohnya, jika Anda ingin menggunakan gadget ataupun komputer untuk harian( tidak untuk desain, editing video atau game) , maka Anda bisa memilih RAM dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Ukuran minimal RAM untuk beberapa perangkat minimal adalah 2GB. Namun, jika Anda ingin menggunakan perangkat untuk hal lainnya, maka Anda bisa meningkatkan kapasitas dari RAM itu sendiri.

Memiliki Peranan yang Vital untuk Gaming dan Desain

Jika Anda memiliki tugas dengan aplikasi yang berbasis desain atau bermain game dengan kualitas tinggi, maka harus menggunakan RAM dengan kapasitas besar. Hal ini karena aplikasi-aplikasi tersebut juga memiliki ukuran yang besar.

Itu dia pengertian dan fungsi RAM (Random Access Memory) yang terdapat pada sebuah komputer atau gadget. Adanya RAM dalam beberapa perangkat memang memiliki peranan yang sangat penting terutama untuk membaca dan menulis data. Oleh karena itu, jika Anda ingin perangkat yang bisa mengolah data dengan cepat, pastikan bahwa kapasitas RAM yang dimiliki cukup tinggi.