cara membuat teks eksposisi

Cara Membuar Teks Eksposisi: Lengkap

Setelah pada pembahasan sebelumnya kita telah mengetahui cara membuat teks eksplanasi, kemudian pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan pula cara membuat teks eksposisi dapat dijadikan referensi.

Pembuatan teks eksposisi harus sesuai dengan struktur dengan menggunakan kaidah kebahasaan yang mudah dimengerti.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi adalah suatu paragraf atau karangan berisikan mengenai informasi serta pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat dan jelas.

Pendapat lain pintarnesia.com mengatakan bahwa Teks eksposisi juga berisikan mengenai gagasan umum pemikiran mengenai suatu topik pembahasan, dimana jenis teks ini bersifat ilmiah atau nonfiksi. Kegunaan teks eksposisi juga sering dilakukan pada konteks komunikasi sehari-hari baik itu secara lisan ataupun tulisan.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

  • Menggunakan gaya informasi yang sifatnya mengajak.
  • Bersifat tidak memihak sehingga tidak memaksakan kehendak yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca.
  • Penggunaan fakta sebagai alat komunikasi kontribusi.
  • Sebuah teks eksposisi yang bersifat objektif dan juga netral.
  • Penyampaian teksnya secara lugas dan dengan menggunakan bahasa yang baku.
  • Menjelaskan mengenai informasi pengetahuan.
  • Penjelasan yang disampaikan pada teks eksposisi harus disertai dengan data data yang akurat.

Struktur Teks Eksposisi

Dalam suatu teks eksposisi terdiri dari struktur atau urutan yang menjadikan sebuah teks eksposisi yang mudah dimengerti dan jelas. Berikut ini merupakan dasar hukum dalam teks eksposisi diantaranya yaitu:

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Tesis dalam teks eksposisi adalah pandangan atau prediksi dari si penulis yang berasal dari sudut pandang penulis mengenai setiap permasalahan akan dibahas secara lebih rinci pada bagian teks. Pada umumnya tesis biasa ditemukan di awal teks eksposisi.

Argumentasi

Teks eksposisi juga kalimat argumentasi yang disampaikan oleh si penulis yang terletak pada bagian pendahuluan. Argumentasi atau pendapat yang baik adalah Kalimat yang mengungkapkan satu sisi pendapatmu dengan penjelasan pendukung untuk memperkuat pandangan pada tesis.

Penegasan Ulang Pendapat

Bagian ini berisikan mengenai pernyataan pandangan untuk menguatkan kembali pendapat yang berisikan fakta pada argumentasi. Pada bagian penegasan ulang ini akan disimpulkan penegasan kembali dari tesis pada bagian pendahuluan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Teks eksposisi menggunakan pronomina yang biasa disebut dengan kata ganti orang. Seperti misalnya: -nya, -mu, -ku, -si, -ku, dan lain sebagainya. Konjungsi atau kata hubung yang digunakan pada jenis teks eksposisi adalah kata hubung internal serta kata hubung eksternal. Suatu paragraf pada teks eksposisi terdiri dari jenis kalimat tunggal dan kalimat majemuk.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi terdiri dari beberapa jenis kalimat atau paragraf ciri-ciri dan karakteristik berbeda. Berikut ini merupakan beberapa apa jenis dari teks eksposisi diantaranya yaitu:

Eksposisi definisi, adalah jenis paragraf eksposisi memaparkan suatu definisi dari topik tertentu.

Eksposisi ilustrasi, adalah jenis teks eksposisi yang memaparkan mengenai informasi atau mengenai suatu penjelasan tertentu di mana Dengan menggunakan gambar secara sederhana tentang suatu topik dengan jenis topik yang lainnya yang memiliki kesamaan sifat dan kemiripan di dalam tertentu.

Eksposisi proses, adalah urutan atau tata cara untuk mengerjakan sesuatu hal dengan urutan yang benar.

Eksposisi laporan adalah suatu jenis paragraf eksposisi bertujuan untuk memaparkan mengenai suatu laporan dari sebuah berita atau dari penelitian tertentu.

Eksposisi pertentangan adalah jenis eksposisi suatu yang berkaitan dengan pertentangan dengan yang lainnya.

Eksposisi perbandingan adalah jenis teks eksposisi yang menggunakan gagasan utama yang bersifat membandingkan dengan suatu hal yang lain.

Cara Membuat Teks Eksposisi

Untuk debat menghasilkan suatu jenis teks eksposisi yang baik, haruslah dengan menggunakan tata cara atau langkah-langkah dan dengan urutan yang benar agar isi dari teks eksposisi dapat tersampaikan dari dapat mudah untuk dimengerti. Terdapat beberapa tata cara teks eksposisi yang baik dan benar sebagai berikut:

  • Menentukan topik pembahasan yang menarik untuk disajikan.
  • Harga menentukan tujuan eksposisi.
  • Memilih informasi atau data-data yang sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.
  • Membuat ketangka karangan teks eksposisi.
  • Pengembangan kerangka
  • Melakukan simpulan.

Itulah pembahasan yang telah pintarnya sampaikan tentang teks eksposisi yang baik dan benar sesuai dengan langkah-langkah. Semoga pembahasan ini dapatat bermanfaat bagi kita semua. Apabila terdapat kalimat atau penjelasan yang kurang tepat, mohon maaf.