Contoh Paragraf Eksposisi

Contoh Paragraf Eksposisi

Contoh Paragraf Eksposisi – Paragraf eksposisi merupakan sebuah paragraf yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi mengenai sesuatu sehingga dapat memperluas pengetahuan pembaca atau pendengar. Paragraf eksposisi bersifat ilmiah atau nonfiksi. Sumber paragraf ini bisa diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman

Ada beberapa jenis paragraf eksposisi, diantaranya yaitu :

  • Eksposisi definisi
  • Eksposisi proses
  • Eksposisi klasifikasi
  • Eksposisi ilustrasi (contoh)
  • Eksposisi perbandingan & pertentangan
  • Eksposisi laporan

Ciri-ciri paragraf eksposisi yaitu :

  1. Berupa tulisan yang memberikan pengetahuan.
  2. Menjawab pertanyaan : apa, kapan, mengapa, dan bagaimana.
  3. Disampaikan secara lugas dengan menggunakan bahasa yang baku.
  4. Bersifat netral atau tidak memihak.

Contoh Paragraf Eksposisi

Agar kamu lebih paham mengenai paragraf eksposisi, perhatikan contoh dibawah ini :

Contoh Paragraf Eksposisi Definisi

Bekam atau hijamah merupakan sebuah teknik pengobatan yang dilakukan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Menurut pemahaman umum, sebenarnya bekam berfungsi untuk membuang darah yang telah teroksidasi karena tingginya oksidan dalam tubuh.

Contoh Paragraf Eksposisi Proses

Hingga saat ini, bantuan untuk para korban banjir bandang belum merata. Hal ini bisa disaksikan di beberapa wilayah Karang Asem. Misalnya di Desa Cikunir, sampai saat ini warga Desa Cikunir hanya makan ubi atau singkong. Mereka mengambilnya dari kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang dikumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Keadaan seperti ini menunjukkan bahwa bantuan dari pemerintah belum sepenuhnya merata.

Baca Juga : Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran

Contoh Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Kepemimpinan seorang ayah dalam rumah tangga ibarat nahkoda yang mengemudikan kapal. Ayah menjadi kepala keluarga yang harus bertanggung jawab terhadap anggota keluarga lainnya. Sama seperti nahkoda yang mengemudikan kapalnya menuju tujuannya. Bila ia mampu memimpin keluarganya dengan baik, maka akan baik pula keluarga itu.

Contoh Paragraf Eksposisi Lainnya

Mata menjadi salah satu indra penglihatan yang sangat penting bagi manusia untuk berinteraksi dengan siapapun. Maka dari itu, bagi Anda yang sekarang memiliki mata normal dan sehat, jagalah dengan baik. 

Ada banyak orang yang memiliki mata minus. Banyak hal yang menjadi faktor terjadinya mata minus seperti membaca terlalu dekat, membaca buku dengan posisi tidur, dan melihat televisi terlalu dekat. Oleh karena itu, jagalah baik-baik kesehatan mata Anda dengan menghindari hal-hal yang mengakibatkan mata menjadi minus.

Itulah beberapa contoh paragraf eksposisi. Semoga bermanfaat.