Cara-Jualan-Sembako-Biar-Laris

Cara Jualan Sembako Biar Laris

Berjualan sembako kini menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan mengingat sembako merupakan kebutuhan pokok sehari – hari yang tentu sudah pasti akan selalu dicari banyak orang.

Meskipun banyak dicari orang, tetap ada tips atau cara jualan sembako biar laris manis dan menguntungkan.

Memulai usaha jalan sembako bisa saja dengan modal kecil, Anda bisa membuka toko kelontong yang menjual sembako secara eceran yang isi tentang produk kebutuhan sehari – hari.

Sepertinya memang terlihat mudah berjualan sembako, akan tetapi bila tanpa perhitungan yang matang dan pemahaman bisnis yang cukup juga akan beresiko dalam bisnis Anda nantinya.

Cara Jualan Sembako Biar Laris Dengan Mudah

Jualan sembako sangat berpotensi untuk mendapatkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Jika Anda kesulitan mendapatkan keuntungan, Berikut ada tips rekomendasi dari Bisabisnis.id supaya sembako Anda bisa laris:

1. Perencanaan Usaha

Dalam membuka usaha apa pun itu termasuk berjualan sembako, Anda harus tetap membuat perencanaan yang matang dan terkonsep.

Anda harus tahu usaha Anda tersebut secara garis besar misalnya menentukan tempat atau lokasi usaha Anda tersebut, prospek atau peluang pasar di sekitar lokasi tempat usaha serta menganalisa pesaing yang ada.

2. Memperhitungkan kepemilikan modal usaha

Anda harus dapat menghitung modal yang Anda miliki untuk memulai usaha Anda berjualan sembako.

Penghitungan modal harus menyesuaikan dengan konsep atau perencanaan usaha Anda sebelumnya.

Bila Anda memiliki modal besar dan ingin membuka usaha yang lebih besar pula maka Anda juga harus memperhitungkan lebih rinci lagi seperti biaya membeli stok produk untuk dagangan, sewa tempat usaha, upah pegawai, dan keperluan pendukung lainnya.

3. Lokasi Usaha

Lokasi usaha juga menjadi salah satu pertimbangan yang penting, semakin strategis letak usaha Anda maka juga akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

Namun biasanya menetukan lokasi usaha yang strategis juga akan membutuhkan biaya yang besar pula. Jadi Anda harus benar – benar memperhitungan dengan matang terkait hal ini.

4. Menentukan harga jual

Harga menjadi kunci utama dalam sebuah bisnis, harga yang kempetitif akan memnetukan keberlangsungan usaha Anda dengan kompetitor Anda.

Anda harus pandai dalam mencari agen atau distributor tempat Anda membeli barang atau sembako yang akan Anda jual.

Bila Anda mampu mendapatkan agen atau distributor dengan harga yang kompetitif atau murah tetapi dengan kualitas barang yang berkualitas.

Tentu hal ini tidaklah mudah, oleh sebab itu Anda harus memiliki agen atau distributor tidak hanya satu tetapi beberapa, sehingga dapat menjadi penentuan perbandingan harga.

5. Penataan barang

Toko yang tertata rapi dan bersih juga akan menarik konsumen untuk membeli.

Jangan biarkan toko Anda terlihat berantakan dengan barang yang tidak tertata rapi karena akan menimbulkan kesan berantakan dan kotor.

Toko yang tertata rapi dan apik juga menarik perhatian konsumen, dan terlihat profesional.

6. Pelayanan

Berikan layanan yang baik pada setiap konsumen. Pelayanan yang baik dan ramah, akan memberi kesan yang baik bagi pelanggan Anda.

Jangan sampai Anda mengecewakan pelanggan Anda karena pelayanan yang buruk  ini akan mempengaruhi perkembangan usaha Anda.

Pelayanan yang baik juga bisa menjadi promosi bagi toko Anda. Misalnya ada pembeli yang puas dan terkesan dengan pelayanan membeli barang pada toko Anda, maka dia tidak segan untuk merekomendasikan toko Anda pada kenalan atau orang yang ia jumpai.

Membuka usaha sembako memang suatu bisnis yang terlihat mudah.

Namun, bila tidak melalui perencanaan yang baik, itu  akan merugikan usaha Anda. Oleh sebab itu, tips atau cara jualan sembako biar laris di atas dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam memulai sebuah usaha.