curug cantel batursari

Curug Cantel Batursari

Provinsi Jawa Tengah adalah rumah dari berton-ton air terjun yang indah. Sebagai referensi, wisatawan harus mempertimbangkan untuk mengunjungi Kabupaten Brebes. Itu karena mereka dapat menemukan air terjun yang tenang bernama Cantel Batursari! Lokasinya berada di perbatasan Kota Tegal dan Brebes Indonesia.

Tepatnya berada di Kecamatan Bumijiwa. Yang satu ini terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan dan nuansa pegunungan yang menyegarkan. Tak heran, pengunjung bisa menikmati relaksasi dan jalan-jalan di sana. Hal baiknya adalah wisatawan dapat datang ke situs terlepas dari waktu, bahkan pada malam hari!

Menurut daerah Tegal sana, air terjun dinamakan dengan Curug. Sehingga Air Terjun Cantel Batursari bisa diartikan dengan Curug Cantel batursari. Ini adalah tempat wisata di Tegal yang terpopuler, dimana telah diulas oleh Sudutnusantara.com.

Curug Cantel Batursari, Brebes, Jawa Tengah

Nuansa

Menariknya, Curug Cantel Batursari terletak di atas gunung, sehingga menawarkan nuansa yang menyegarkan dan damai. Percikan airnya terasa menyejukkan dan pemandangannya sangat menakjubkan. Inilah mengapa sebagian besar pengunjung ingin menikmati relaksasi di sana.

Fitur lain yang dapat dikenal dari situs ini adalah adanya gardu pandang, yang dapat digunakan untuk tamasya dengan lebih nyaman. Keistimewaan lain yang mengesankan adalah adanya lampu warna-warni pada malam hari yang disediakan oleh manajemen. Tak herna, beberapa wisatawan kerap datang ke lokasi tersebut pada malam hari.

Menjelajah Curug Cantel Batursari

Hal pertama yang perlu diketahui mengenal Air Terjun Cantel Batursari adalah airnya yang didapat dari Sungai Pedes. Apa selanjutnya di Indonesia? Penting untuk diketahui bahwa situs ini memiliki hutan lebat dengan banyak pohon tinggi. Itu berarti wisatawan harus menjalani trekking dan penjelajahan singkat agar bisa sampai ke lokasi.

Alih-alih merepotkan, trekking ini memberikan pengalaman menarik bagi wisatawan khususnya yang menyukai petualangan. Satu-satunya pertimbangan terkait dengan rute. Lebih baik menyewa pemandu wisata atau porter yang tahu benar tentang rute tersebut.

Selain trekking, perjalanan ke Air Terjun Cantel Batursari juga menyenangkan. Misalnya terkait dengan pemandangan. Pengunjung akan menemukan banyak jenis pohon yang tumbuh subur di sana.

Warna hijau lingkuangan menenangkan setiap orang. Dengan nuansa yang begitu asri, para pengunjung bisa dengan mudah menghilangkan penatnya langsung. Belum lagi udaranya yang cukup menyegarkan, dimana membantu mereka untuk rileks selama eksplorasi.

Begitu sampai di lokasi, wisatawan bisa menggunakan kamera mereka dan mengumpulkan beberapa foto alam yang indah di sana. Ini termasuk air terjun itu sendiri dan pepohonan di sekitarnya.

Sebagai pertimbangan, setiap orang harus menghindari datang ke lokasi saat musim hujan. Bukan hanya rutenya yang licin, tapi juga tidak memberi mereka kesempatan untuk berfoto sama sekali!

Atraksi Terdekat

  • Gunung Slamet.
  • Air Terjun Tijah.
  • Dan masih banyak lagi.

Cara Menuju Kesana

Cara menuju kesana Kabupaten Brebes terletak di Provinsi Jawa Tengah. Dari ibu kota kawasan, Kota Semarang, wisatawan harus menuju ke Brebes terlebih dahulu sebelum menuju Air Terjun Cantel Batursari yang berada di Kecamatan Bumijiwa.

Keseluruhan perjalanan bisa memakan waktu sekitar 5 jam 31 menit. Karena jaraknya 208 km. Sedangkan untuk perjalanan yang lebih cepat, wisatawan sebaiknya mengambil Jalan Pantura.

Dimana untuk Tinggal?

  • Hotel Java Heritage.
  • Aston Imperium.
  • Hotel Besar.
  • Hotel Santika.

Nah, itulah diatas yang bisa saya ulas mengenai tempat wisata di Tegal terpopuler yaitu Curug Cantel Batursari. Gimana, apakah Anda tertarik untuk pergi kesana? Yuk, jangan ragu-ragu yaa!