Doa Sore Hari Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sore hari merupakan waktu dimana kebanyakan manusia telah selesai dari melakukan berbagai macam aktifitas pekerjaan, baik pekerjaan di luar ruangan atau pun di dalam ruangan.

umumnya pekerjaan selalu berrhubungan dengan orang banyak, maka tidak jarang diantara hubungan itu ada perbuatan yang memungkinkankita berbuat dosa-dosa kecil.

Baca Juga Doa Pagi hari di situs Nyamankubro.com

Nah berhubungan dengan itu maka kami tuliskan beberapa doa sore hari yang dapat dibaca oleh temen-temen semua sebagai rasa syukur sekaligus memohon ampuan kepada Allah SWT. berikut doanya;

Doa Sore Hari Dari Rasulullah Saw.

Rasulullah SAW mengajarkan lafal doa yang baik untuk dibaca pada sore hari. Abu Hurairah re. meriwayatkan doa Rasulullah SAW. yang dibaca ketika sore hari sebagaimana dikutip oleh Imam An-Nawawi, dalam kitabnya Al-Adzkar.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

“Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Doa Sore Hari Latin

Allaahumma bika amsainaa, wa bika nahyaa, wa bika namuutu, wa ilaikan nusyuur.

Doa Sore Hari Riwayat At-Tirmidzi

Imam At-Tirmidzi meriwayatkan doa sore Rasulullah SAW dari Tsauban RA sebagai berikut:

 رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وِبِالإِسْلَامِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا

“Aku rela Allah sebagai tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Al-Hakim).

Doa Sore Hari Latin

Radhitu billaahi rabbaa, wa bil islaami diinaa, wa bi Muhammadin shallallaahu ‘alaihi wa sallama nabiyyan wa rasuulaa.

Artinya, “Aku rela Allah sebagai tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Al-Hakim).

Doa Pagi Hari Dari Rasulullah (Panjang)

Selain doa singkat di atas, Imam An-Nawawi juga mengutip doa pagi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim berikut ini:

 أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى المُلْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

“Kami dan kuasa Allah bersore hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.”

Doa Pagi Hari Dari Rasulullah (Panjang) Latin

Amsainaa wa amsal mulku lillaahi wal hamdu lillaahi, laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai‘in qadiir. Rabbi, as’aluka khaira maa fii haadzihil lailata wa khaira maa ba‘dahaa, wa a‘uudzu bika min syarri maa fii haadzihil lailata wa khaira maa ba‘dahaa. Rabbi, a‘uudzu bika minal kasli wa suu’il kibari. A‘uudzu bika min ‘adzaabin fin naari wa ‘adzaabin fil qabri.

Bila memperhatikan makna yang terkandung dalam doa terseebut, rasanya doa tersebut juga baik untuk dibaca pada sore hari. Jadialangkah baiknya selain dibaca pada sore hari juga dobaca pada sore hari sehingga memperoleh keutamaan yang berlipat.

Hadist Anjuran Membaca Doa Sore Hari

وروينا في كتاب الترمذي، عن ثوبان رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من قال حين يمسي رضيت بالله ربا، وبالإسلام دينا، وبمحمد صلى الله عليه وسلم نبيا، كان حقا على الله تعالى أن يرضيه

 “Diriwayatkan kepada kami di Kitab At-Turmudzi dari Tauban RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa saja yang membaca di sore hari, ‘Radhītu billāhi rabbā, wa bil islāmi dīnā, wa bi Muhammadin shallallāhu ‘alaihi wa sallama nabiyyan,’ niscaya Allah meridhainya,”

Anjuran Dari Imam Nawawi

Sebagaimana kami himpun dari website resmi nahdlatul ulama, Imam An-Nawawi menganjurkan bahwasanya mengenai doa tersebut alangkah baiknya menggabung lafal “nabiyyan” dan “rasulan” tujuannya karena untuk mendapatkan keutamaannya.

Selanjutnya beliau menyampaikan, namun bila seseorang membatasi hanya pada lafal “nabiyyan” saja, maka ia telah mengamalkan sunnah. Wallahu a’lamu.

Demikian yang kami sampaikan berdasarkan berkenaan dengan bacaan doa untuk sore hari. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkanoleh kita semua dengan hati yang penuh iman dan takwa kepada Allah SWT. amiinya rabbal ‘alamin. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.