jalur kabel kiprok grand

Jalur Kiprok Motor

Diantara banyaknya komponen pada motor, ada beberapa di antaranya yang harus kamu ketahui. Sebab setiap komponen tersebut mempunyai fungsi dan cara kerjanya sendiri.

Seperti halnya dengan kiprok, komponen tersebut sudah tidak asing lagi terdengar oleh pengguna motor, terlebih bagi mereka yang kerap membongkar motornya.

Kiprok adalah komponen kelistrikan di dalam motor, fungsi dari kiprok sendiri memang bisa dikatakan cukup penting, sebab komponen ini akan mengatur arus listrik yang dialirkan dari aki.

Dari sekian banyaknya tipe motor, di antara motor-motor tersebut memiliki jenis kiprok yang sama.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai jalur kabel kiprok dilengkapi dengan fungsinya.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, saya akan memperkenalkan komponen ini terlebih dulu.

Apa itu Kiprok?

Perli diketahui, kiprok merupakan salah satu bagian kelistrikan yang ada pada sepeda motor. Kiprok sendiri mempunyai beberapa komponen di dalamnya, masing-masing dari komponen tersebut mempunyai fungsi yang beda.

Salah satu di antaranya adalah Dioada, jadi komponen tersebut merupakan komponen elektronika yang terdiri dari dua kutub. Fungsi dari komponen ini adalah menyearahkan arus listrik.

Selain itu, komponen ini terdiri dari semikonduktor yang disatukan dan masing-masing di antarnya diberi bahan tambahan yang beda, seperti adanya tambahan bahan konduktor yang digunakan untuk mengalirkan alur listrik.

Setelah mengetahui apa itu kiprok, di bawah ini saya akan menjelaskan kembali tentang fungsi kiprok secara keseluruhan.

Fungsi Kiprok Motor

Kira-kira apa saja si fungsi dari kiprok motor itu? Pertanyaan model ini kerap sekali dikeluarkan oleh kebanyakan orang yang belum mengetahui fungsinya.

Pada pembahasan sebelumnya, kami sudah menyinggung bagian ini, bahwasanya fungsi kiprok motor itu sebagai media pembatas tegangan listrik yang berasal dari bagian sepull.

Jadi, listrik yang dialirkan dari sepull itu akan mengalir stabil, yaitu bertegangan 12 V.

Bukan itu saja, fungsi lain dari kiprok ini sebagai penyearah alur listrik, sehingga aliran listrik yang dikeluarkan dari sepul adalah arus bolak balik yang sering disebut sebagai jeins AC.

Sedangkan alur listrik yang dibutuhkan oleh sepeda motor saat ini adalah jenis DC, nah disitulah kiprok akan bekerja untuk menyearahkan aliran listrik yang dihasilkan oleh komponen sepull.

Setelah mengetahui apa itu kiprok dan apa saja fungsinya, alangkah baiknya kamu juga harus mengetahui jalur-jalur pada kabel kiprok.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan pada paragraf di bawah ini.

Jalur Kabel Kiprok

Masuk ke pembahasan inti, yaitu jalur kabel pada kiprok.

Mengingat bagian ini yang sering terjadi kerusakan , biasanya para mekank handal mencoba untuk mengakali dengan kabel lama dengan yang baru untuk memperbaikinya.

Nah kali ini, otomodiv akan membahas jalur kabel kiprok Honda Grand ataupun Supra lawas.

Kabel Merah

Kabel yang berwarna merah ini adalah jalur kabel positif yang berasal dari aki. Biasanya kabel ini melewati sikring amper 10 dan kemudian masuk ke bagian kiprok.

Sedangkan untuk fungsinya sendiri, kabel merah ini mengalirkan aliran listrik pengisian dari sepull dan lalu dirubah tegangannya menjadi 12 V yang akan dilanjutkan ke dalam aki oleh kiprok.

Kabel Hijau

Sementara, untuk kabel yang berwarna hijau ini biasanya masa negatif dan tidak mengalirkan aliran listrik.

Jika terdapat adanya listrik yang mengalir dari kabel ini, berarti ada yang konslet.

Kabel Kuning

Biasanya jalur kabel yang berwarna kuning dari sepull itu berfungsi untuk menerangkan lampu.

Jadi aliran listriknya akan mengalir ke bagian kiprok, dan ketika lampu utama nyala, maka tegangan yang akan masuk ke lampu itu sebesar 12 V sampai 14 V.

Kabel Putih

Yang terakhir adalah kabel berwarna putih. Kabel ini adalah penyalur aliran pengisian listrik dari sepull. Sementara arus pengisian tersebut akan dibatasi di angka 14,5 V.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebab jika tidak dibatasi, ada kemungkinan aki motor bisa meledak karena kapasitasnya terlalu berlebihan.