Teks Biografi

Teks Biografi

Pernahkan kamu membaca sebuah teks yang berisi tentang kisah perjalanan hidup seseorang? Jika pernah, berarti kamu telah membaca sebuah yang bernama teks biografi. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai teks biografi. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi merupakan sebuah teks yang berisi tentang kisah suatu tokoh dalam menjalani kehidupannya. Kisah tersebut dapat berupa masalah, kekurangan atau kelebihan. 

Teks biografi ditulis dengan tujuan agar tokoh tersebut bisa menjadi teladan atau contoh untuk orang lain.

Selain teks biografi, ada juga teks autobiografi. Autobiografi merupakan sebuah teks yang berisi riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut. Oleh karena itu, teks biografi dan autobiografi berbeda ya.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Berikut beberapa ciri-ciri dari teks biografi :

  • Dibuat berdasarkan fakta tokoh tersebut dan disajikan dalam bentuk narasi.
  • Berisi sebuah fakta dari pengalaman hidup seorang tokoh yang diceritakan.
  • Umumnya seorang tokoh dalam teks biografi bisa menjadi teladan bagi orang yang membacanya.

Struktur Teks Biografi

Teks biografi memiliki 3 struktur penyusun, yaitu sebagai berikut :

1. Orientasi

Struktur orientasi dalam teks biografi berisi pengenalan dan gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan.

2. Peristiwa dan Masalah

Struktur ini berisi penjelasan suatu cerita. Isinya bisa berupa pemecahan masalah, peristiwa menegangkan, menyenangkan, menyedihkan, atau peristiwa mengesankan yang pernah dialami oleh tokoh tersebut hingga membuat ia meraih kesuksesan.

3. Reorientasi

Struktur reorientasi merupakan tahap penutup yang berisi tentang pandangan penulis kepada tokoh yang diceritakan. Struktur reorientasi bersifat opsional, jadi boleh ada dan boleh tidak.

Contoh Teks Biografi

Contoh Teks Biografi Tentang Guru

Drs. Agus Priono atau biasa dipanggil pak Agus adalah seorang guru olahraga di SMK Ma’arif 2 Paguyangan. Beliau lahir pada 18 Februari di Desa Pasiraman Kidul Kecamatan Ajibarang Kabupaten Purbalingga. Lahir dari pasangan suami istri yang bernama Darmoko dan Nursiti. 

Beliau adalah seorang anak paling tua dari lima bersaudara. Terlahir menjadi anak tertua dalam keluarganya membuat beliau harus menjadi teladan untuk adik-adiknya.

Pak Agus melakukan pendidikannya di bangku SD Negeri 2 Pekuncen dan SMP Negeri 2 Ajibarang. Beliau memiliki hobi berolahraga, oleh karena itu beliau mengambil kuliah jurusan Penjaskes di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Di bangku kuliah beliau sempat mengikuti perlombaan lompat tinggi tingkat mahasiswa se-Jawa Tengah dan menjadi juara ke pertama.

Waktu beliau belum lulus kuliah, beliau telah mengajar di SMA Negeri 1 Lawang selama dua tahun. Setelah lulus, beliau pindah ke Purbalingga dan mengabdikan diri di beberapa sekolah disana. 

Walau sudah termasuk mapan, beliau belum memutuskan untuk menikah. Pada tahun 1987, beliau bekerja di SMA Negeri 3 Purbalingga. Disana beliau menemukan dambaan hatinya bernama Puspita Ayu. S.pd yang juga seorang guru.

Waktu beliau berumur 29 tahun, beliau menikahi wanita pilihannya. Sesudah menikah, beliau beralih pekerjaan di SMA Negeri 2 Paguyangan. Setelah dari SMA Negeri 2 Paguyangan, beliau pindah lagi ke SMA Negeri 1 Banyuwangi hingga saat ini.

Pak Agus banyak mengalami masa-masa sulit dalam karirnya menjadi seorang guru. Namun beliau masih melakukan pekerjaan yang diimpikan sejak kecil dengan ikhlas. Di tahun terakhir mengajar, pak Agus berusaha menjadi lebih baik dan memberikan kesan yang akan mudah diingat oleh anak didiknya.

Demikian ulasan mengenai teks biografi. Semoga bermanfaat. 🙂