cara modifikasi motor kencang

Cara Modifikasi Motor

Mempunyai motor kencang memang selalu menjadi impian para pecinta otomotif, terlebih bagi mereka yang gemar dengan dunia balap.

Maka dari itu jangan merasa aneh apabila banyak yang mencari informasi tentang cara modifikasi motor agar perfomanya bagus.

Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan agar tenaga pada motor tersebut terasa lebih responsif.

Bagi kamu yang mempunyai motor bebek dan ingin memodifikasinya agar tarikannya lebih responsif dan belum tau bagaimana caranya, silahkan simak artikel ini.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memodifikasi mesin motor agar terasa lebih responsif performa mesinnya.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah.

Mengurangi Berat Piston

Tentunya bagi teman-teman yang masuk ke dalam kategori pecinta otomotif sudah tak asing lagi dengan yang namanya piston.

Ya, piston atau seher adalah komponen mesin yang bekerja naik dan turun di dalam ruang mesin.

Jika kamu ingin merombak mesin pada bagian pistonnya, maka untuk eksekusinya harus benar ekstra hati-hati. Kenapa? Alasannya supaya piston dan komponen mesin lainnya tidak saling bertabrakan.

Sebab jika terjadi tabrakan antar komponen mesin, hal seperti itu bisa memberi dampak buruk terhadap mesin. Al hasil, mesin motor bisa jebol.

Lalu bagaimana caranya? yang perlu kamu lakukan adalah memangkas sedikit bagian pistonnya dengan catatan harus sesuai dengan seluruhnya.

Oh iya, sebelum memangkas piston, alangkah baiknya diukur terlebih dahulu ya. Ukurlah sesuai dengan spek yang kamu inginkan.

Mengurangi Volume Ruang Bakar

Cara selanjutnya adalah, mengurangi volume ruang bakar mesin yang terjadi pada TMA (Titik mati atas).

Yang mana titik mati atas itu tempat bertemunya antara piston dan klep. Lalu bagaimana cara untuk mengurangi volume ruang bakarnya?

Yaitu dengan cara membubut bagian silinder, hal ini bisa kamu lakukan apabila menginginkannya.

Supaya hasil akhir sesuai dengan apa yang kamu inginkan sebelumnya, maka penempatan dari komponen tersebut harus pas supaya tidak bertabrakan dengan bagian lainnya.

Rubah Bagian Noken As

Selain melakukan kedua cara di atas, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah merubah bagian noken as.

Perlu diketahui, noken as ini adalah salah satu komponen yang memiliki peranan penting terhadap kinerja mesin motor, maka dari itu untuk membuat motor kencang perubahan pada noken as ini perlu dilakukan.

Tapi untuk merubah noken as ini, kamu harus benar-benar memperhitungkannya secara matang. Kenapa? Agar hasil yang diinginkan itu sesuai dengan apa yang kamu inginkan sebelumnya.

Sebelum melakukannya, alangkah baiknya kamu konsultasikan terlebih dulu kepada mekanik handal. Sebab jika kamu asal-asal dalam melakukannya bisa mengakibatkan dampak buruk terhadap motor.

Oh iya, diusahakan harus benar-benar teliti ya dalam menghitung lift camp nya.

Mengganti Karburator

Setelah melakukan ketiga cara di atas, agar sepeda motor larinya kencang, kamu juga bisa melakukan cara ini, yaitu mengganti karburator motor.

Karburator juga merupakan komponen sepeda motor yang tidak kalah pentingnya dengan bagian-bagian mesin lainnya.

Karburator bekerja untuk menampung bahan bakar dan angin yang disatukan menjadi satu kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran.

Lantas apa yang harus diganti dari karburator ini? Apakah ukurannya? Atau komponen yang ada di dalamnya?

Untuk penggantian karburator itu harus disesuaikan dengan kapasitas mesin, apabila mesin tersebut sudah besar, otomatis diameter dari karburator pun harus diganti yang selaras.

Jika bingung, kamu bisa menanyakan pada ahlinya atau mekanik handal yang sudah biasa membuat motor kencang.