motor irit bbm

Motor Irit BBM

Apakah irt BBM pada motor itu sangat penting? Ya tentu saja, karena sepeda motor yang irit dalam konsumsi bahan bakar itu sangat berguna untuk transportasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa sepeda motor itu adalah sarana transportasi utama yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Kini pemilik sepeda motor hampir semuanya merata. Menggunakan transportasi umum ataupun pribadi pasti sama-sama mengeluarkan biaya. Salah satu hal yang sangat wajib untuk ditunaikan adalah membeli BBM.

Semua jenis kendaraan pasti sangat membutuhkan yang namanya BBM, baik itu motor, mobil, truck dan lain sebagainya. Kenapa demikian? Sebab BBM itulah yang nantinya bisa membuat kendaraan melaju di jalan raya.

Ketika kamu menggunakan transportasi umum. tentunya pembelian untuk BBM nya tidak akan terasa.

Tapi, ketika kamu menggunakan kendaraan pribadi, maka setiap pengeluaran uang yang dikeluarkan untuk membeli BBM itu akan lebih terasa.

Sebagian besar dari pengguna kendaraan pasti sangat menginginkan bahwa kendaraan tersebut irit dalam konsumsi bahan bakarnya. Bukan begitu?

Lantas seperti apa cara membuat motor agar selalu irit dalam konsumsi BBM nya? Mudah ko, untuk informasi lebih lengkapnya silahkan simak artikel di bawah ini.

Cara Membuat Motor Irit

Sebagai pemilik sepeda motor, untuk menghemat pengeluaran bensin mungkin masih akan terasa sangat sulit. Terlebih saat ini penggunaan roda dua cukup sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Misal seperti untuk pergi ke sekolah, ke kampus, pasar, main bersama teman-teman dan lain sebagainya.

Ketika sepeda motor kerap digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, maka kamu sebagai pemiliknya harus menyiapkan biaya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bahan bakarnya.

Bila kamu tidak memperhatikannya dengan teliti, justru hal tersebut bisa membuat dompet terkuras dengan sendirinya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat motor irit dalam konsumsi bahan bakarnya. Penasaran seperti apa? Yuk, mari kita simak secara seksama pembahasan berikut ini.

Baca juga: Motor Paling Irit

Mengatur Klep

Klep adalah bagian penting yang ada di dalam mesin motor. Fungsi dari klep sendiri untuk mengatur campuran udara yang masuk dengan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin.

Jika motor yang kamu gunakan itu terasa boros, maka kamu bisa mengatur jarak renggang/kerapatan klep tersebut, hal ini bisa membuat semburan bahan bakar jauh lebih efesien dan tentunya bisa irit.

Ada satu hal yang harus diketahui ketika sedang melakukan penyetelan klep motor, yaitu mengatur klep yang jaraknya jangan terlalu rapet. Kenapa? Sebab jarak seperti itu bisa membuat mesin tidak bertenaga.

Jadi sebisa mungkin pengaturan klepnya harus tepat, sehingga bahan bakar bisa terasa lebih irit dan performa mesin masih bertenaga.

Atur PJ dan MJ Karburator

Selain dari mengatur setelan klep, kita juga harus mengatur setelan dari PJ dan MJ karburator.

Sebenarnya apasih PJ dan MJ karburator itu? Yaitu Pilot Jet dan Main Jet. Jadi kedua komponen ini bekerja untuk pernafasan karburator dan mengatur konsumsi bahan bakar pada setiap kendaraan.

Sebisa mungkin mengaturnya harus tepat, misal seperti ukuran dari kedua komponen tersebut harus selaras dan sesuai dengan kebutuhan spek mesin motor yang kamu gunakan.

Gunakan Oli yang Berkualitas

Cara selanjutnya untuk membuat motor kamu lebih irit dalam pengeluaran bahan bakarnya adalah menggunakan oli mesin yang berkualitas.

Apabila kualitas dari oli itu baik, maka oli tersebut bisa membuat gesekan antar komponen mesin menjadi lebih minimal.

Dengan demikian, maka kinerja pada mesin pun akan lebih optimal. Maka dari itu, bagi kamu yang mesinnya ingin tetap awet dan konsumsi bahan bakarnya juga tetap irit, gunakanlah oli mesin yang kualitasnya sangat baik.