Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9C

Pada Juni 2020 Xiaomi kembali meluncurkan ponsel entry-level terbarunya yaitu Redmi 9C, Smartphone ini diklaim menjadi seri tertinggi dari Redmi 9 lainnya. Dan juga bisa dibilang Smartphone dari Xiaomi ini mempunyai spesifikasi hardware yang tinggi untuk kelas menengah dan juga telah diimbangi dengan harganya yang masih sangat cukup terjangkau.

Setiap Ponsel pintar tentunya telah dibekali dengan beberapa kelebihan. Selain kelebihan tersebut, tentunya ada kekurangan yang dimiliki pada Ponsel tersebut. Terkadang kelebihan dan kekurangan tersebut dijadikan sebagai perbandingan untuk beberapa vendor Smartphone.

Redmi 9C hadir dengan dua varian yakni RAM 3/32 dengan harga 1,3 jutaan dan RAM 4/64 GB dengan harga 1,5 jutaan, apakah smartphone ini cukup memiliki performa yang mumpuni? Mari kita kupas kelebihan dan kekurangan ponsel entry-level terbaru dari Xiaomi ini.

Kelebihan Xiaomi Redmi 9C

1. Mengusung Layar Lebar dengan Desain Poni

Layar Redmi 9C sudah mengikuti desain kekinian yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk tetesan air di atasnya. Layar Redmi 9C mempunyai lebar 6,53 inci dengan teknologi IPS LCD dan resolusi HD+ (720 x 1600 pixel).

2. Triple Card-slot

Redmi 9C memiliki 3 slot kartu yang secara khusus terbagi menjadi 2 slot untuk kartu SIM dan 1 slot untuk MicroSD. Tersedianya dedicated slot untuk microSD ini tentunya membuat pengguna tidak perlu mengorbankan slot SIM 2 jika ingin memasang kartu MicroSD.

3. Baterai dengan Kapasitas Super

Untuk smartphone terbaru dari Xiaomi ini, Baterai yang digunakan di Redmi 9C ini memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh. Tentunya sangat cukup untuk menemani Anda seharian penuh dengan catatan penggunaan normal. Dan Redmi 9C juga sudah didukung dengan pengisian daya 10 W.

4. Triple Camera

Xiaomi Redmi 9C sudah dibekali dengan empat kamera, masing-masing satu di depan dan tiga dibelakang. Kamera depannya mempunyai resolusi 5MP f/2.2, yang sudah dilengkapi fitur beautify, HDR, sampai portrait selfie memanfaatkan AI.

Sementara kamera belakangnya beresolusi 13 MP f/2.2 (wide), 2 MP f/2.4 (macro), dan 2 MP f/2.4 (depth) yang sudah didukung oleh PDAF. Kamera belakang ini juga mampu menghasilkan efek potret menggunakan oleh software dan AI.

Secara kualitas, kamera depannya sih cukup standar. Sudut pandang lebar bisa jadi nilai plus, namun hasil foto cenderung gelap ketika memasuki sore hari atau cahaya cukup meski ada bantuan screen flash. Sementara kamera belakangnya bisa dibilang setara kamera smartphone Rp 2jutaan.

5. Performa Chipset

Performa merupakan poin penting dari Redmi 9C. Smartphone ini telah mengusung chipset MediaTek Helio G35, dengan dikombinasikan CPU Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan GPU PowerVR GE8320. Performa chipset yang kuat bisa memperlancar aktivitas harian supaya Smartphone tidak mudah lemot.

Kekurangan Redmi 9C

Walaupun hadir dengan berbagai kelebihan, tentu saja Redmi 9C juga masih jauh dari kata sempurna. Tentu saja kekurangan inilah yang akan menjadi pertimbangan bagi anda sebelum memilih Redmi 9C ini. Dan berikut ini adalah beberapa kekurangan dari ponsel besutan Xiaomi ini.

1. Tanpa Fast Charging

Meskipun Redmi 9C sudah dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh dan juga sudah didukung dengan pengisian daya 10W. Namun sayangnya Redmi 9C Belum Mendukung Fitur Fast Charging sehingga akan cukup lama untuk pengisian baterai hingga penuh.

Memiliki kapasitas baterai yang besar, fitur fast charging sangat diperlukan mengingat pengisian yang memakan waktu lama pasti sangat membosankan.

2. Belum Mendukung NFC

Fitur NFC sendiri sangatlah cukup penting bagi sebagian orang. Near Field Communication atau NFC merupakan fitur untuk melakukan transaksi pembayaran secara online dengan fitur barcode. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam hal yang bersifat digital dengan NFC tag.

3. Masih menggunakan port micro-USB

Penggunaan USB Type-C kini sudah menjadi standar tersendiri bagi Smartphone. Mungkin untuk sebagian pengguna hal ini hanya masalah kecil. Namun penggunaan port micro USB seperti menjadi kekurangan, Tentunya kehadiran port USB Type-C tentu akan menambah daya Tarik tersendiri bagi Smartphone ini.

Kesimpulan

Redmi 9C merupakan Smatphone yang memiliki performa yang mumpuni. Selain itu, Redmi 9C juga memiliki beberapa fitur menarik yang membuat Smartphone ini memiliki value yang lebih baik dibandingkan dengan Smartphone lainnya.

Hanya saja jika Anda menginkan Smartphone yang memiliki Proteksi Layar tentu saja Redmi 9C ini tidak bisa memenuhi keinginan Anda.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Redmi 9C yang bisa kami rangkum untuk anda. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi dalam menentukan Smartpone ini cocok bagi Anda untuk dimiliki.