Cara Menghilangkan Iklan di Android

cara-menghilangkan-iklan-di-android

Siapa sih yang tidak suka berselancar di dunia maya? Ada yang sedang mencari informasi, mencari materi pelajaran bahkan mencari hiburan. Namun terkadang di tengah-tengah kegiatan browsing ini sering terjadi hal yang menyebalkan yaitu iklan yang muncul terus-terusan.

Pernahkan mengalami hal tersebut? Pasti sebel ya karena bisa menghambat kegiatan browsing kamu? Apalagi iklan tersebut juga bisa muncul ketika kamu bermain game maupun sedang membuka aplikasi lainnya.

Lalu adakah cara menghilangkan iklan di Android? Tentu saja ada. Kamu bisa menggunakan cara berikut ini agar smartphone kamu terhindar dari iklan yang datang memberondong.

Apakah Iklan Yang Muncul Berbahaya?

Iklan tersebut bisa muncul tidak hanya ketika kamu membuka browser saja namun juga ketika membuka game maupun aplikasi yang lain. Kenapa sih iklan tersebut bisa muncul di HP kamu?

Jadi sebenarnya iklan adalah salah satu jalan dari sebuah website agar bisa mendapatkan penghasilan. Kemunculan iklan dalam dunia gadget ini sebenarnya juga turut memberikan dorongan bagi pemilik web maupun web developer untuk terus berkembang dan tentu saja untuk mendapatkan pundi rupiah.

Namun ternyata ada hal yang harus diwaspadai dengan munculnya iklan lho. Iklan muncul apalagi yang terus-terusan mengindikasikan bahwa perangkat kamu sedang terkena malware. Apa itu malware? Malware merupakan program yang secara sengaja diciptakan untuk merusak, mencuri, menggandakan, menghapus hingga mengubah data.

Cara Menghilangkan Iklan Di Android

Tidak semua iklan yang kamu buka di android kamu aman. Karena bisa saja iklan tersebut menyimpan potensi yang bisa membahayakan gadget kamu. Maka dari itu gunakan cara di bawah untuk memblokir iklan di android.

1. Pengaturan Google Chrome

Google Chrome merupakan browser bawaan android dimana iklan sering sekali muncul pada aplikasi ini. Kamu pun bisa memblokir iklan yang muncul pada Google Chrome dari pengaturannya.

  • Bukalah aplikasi Google Chrome.
  • Kemudian pilih Site Settings.
  • Lalu pilih Pop up dan pengalihan.
  • Terakhir, silahkan aktifkan blokir pop up.

2. UC Browser

Selain menggunakan Chrome, browser yang bisa digunakan untuk memblokir iklan adalah UC Browser. UC ini pun bisa digunakan untuk mengakses berbagai situs.

  • Buka aplikasi UC Browser kemudian klik ikon garis tiga yang berada di tengah bawah.
  • Kemudian klik Settings kemudian pilih Add ons.
  • Pilihlah Adblock selanjutnya kamu bisa menonaktifkan Ad Blocker dan Powerful Ad Blocker.

3. Pengaturan Keamanan

Cara menghilangkan pop up iklan di android juga bisa diatasi dengan pengaturan  keamanan atau security setting. Kamu bisa menonaktifkan pengaturan yang mengizinkan smartphone memasang aplikasi yang bersumber selain dari Play Store.

  • Langsung masuk ke menu Setting kemudian cari Security Setting.
  • Kemudian pilih jangan izinkan penginstalan aplikasi yang berasal dari sumber yang tidak dikenal.

4. Memasang Antivirus

Selain memblokir iklan dengan cara di atas, kamu pun bisa memasang antivirus untuk android kamu. Pemindaian tersebut juga bisa kamu lakukan dengan pengaturan Google Play.

  • Masuk ke aplikasi Google Play Store.
  • Kemudian pilih menu garis tiga yang berada di sisi kiri atas.
  • Lanjut dengan klik Play Protect.
  • Klik pindai untuk melindungi perangkat dari berbagai ancaman.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan anti virus atau anti malware yang lain misalnya Malwarebytes.

Aplikasi Pemblokir Iklan Di Android

Selain menggunakan cara di atas, kamu bisa menggunakan layanan aplikasi pemblokir iklan juga lho. Berikut kami sajikan beberapa aplikasi pemblokir iklan android terbaik.

1. AdBlock Plus

Salah satu apk pemblokir iklan paling populer adalah AdBlock Plus. Dimana aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat android yang sudah di root ataupun belum di root.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menyaring web traffic. Pemblokiran iklan pun sudah bisa dijalankan secara otomatis oleh apk ini.

2. AdAway

AdAway juga merupakan aplikasi andalan untuk memblokir iklan. Namun sayangnya aplikasi ini tidak tersedia di Play Store apalagi aplikasi ini hanya bisa berjalan pada perangkat yang suda di root.

Kamu bisa mendapatkan apk ini di F-Droid.

3. Unicorn Blocker

Rekomendasi aplikasi yang bisa memblokir iklan selanjutnya adalah Unicorn Blocker. Selain memblokir iklan, Unicorn Blocker juga bisa membuat daya baterai lebih hemat sampai sampai 20% dan menghemat baterai sampai 50%.

4. AdClear

XDA Developer juga mengembangkan aplikasi pemblokir iklan yang bisa dijalankan pada android non root. AdClear ini menggunakan VPN untuk menyaring iklannya.

Bahkan AdClear juga mampu menapis iklan yang terenkripsi. Untuk memaksimalkan pemblokiran sebaiknya gunakan koneksi yang stabil atau menggunakan WiFi.

5. AdGuard

AdGuard memang tidak setenar AdBlock ataupun AdAway namun apk ini termasuk apk yang direkomendasikan juga. Aplikasi ini sama seperti AdClear yang bisa menyaring iklan pada android yang non root.

Namun kelemahannya adalah pengaturannya agak sedikit rumit dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Meskipun demikian, interface yang digunakan cukup rapi sehingga memudahkan penggunanya.

Demikian beberapa cara menghilangkan iklan di android yang terbaik yang bisa dicoba. Dari sekian banyak metode di atas, kamu bisa memilih cara yang paling sesuai.

Jangan lupa juga untuk sering-sering mengecek HP kamu secara berkala. Untuk menghindari masuknya malware yang akan merugikan. Perbarui juga aplikasi yang kamu pasang hanya dengan Google Play Store.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *