Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Photoshop Buat Pemula

Aplikasi Photoshop merupakan salah satu dari aplikasi edit foto pc terbaik yang banyak digunakan. Jika kamu mengetahui cara menggunakan Photoshop maka salah satu permasalahan dalam pemotretan akan terselesaikan.

Hal ini karena Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh fotografer profesional. 

sayangnya masih banyak diantara kamu yang terkadang masih kebingungan untuk mengoperasikan aplikasi Photoshop. Kebingungan itu diantaranya permasalah tampilan yang agak rumit, cara menggunakan Photoshop dan masih banyak lagi.

Padahal jika kamu dapat menguasai aplikasi photoshop bukan tidak mungkin hasil editan mu akan seperti layaknya fotografer profesional, walaupun kamu bukan fotografer.

Masih bingung bagaimana cara menggunakan Photoshop? 

Berikut ini penulis akan mencoba memberikan panduan cara menggunakan photoshop, baik itu Photoshop CS6 maupun Photoshop CS3.

Cara Menggunakan Photoshop

1. Layer

Layer sendiri berguna untuk menampilkan gambar, teks, sapuan kuas, warna latar belakang, pola, dan filter. Layer merupakan elemen yang paling penting dalam Photoshop yang letaknya berada di sudut kanan bawah layar Photoshop.

Tampilan layer inilah yang mungkin membuat bingung kamu dalam memahami Photoshop. Salah satu cara mensiasati kebingungan kamu adalah dengan cara memberi nama setiap layer serta menyimpannya secara teratur.

2. Alat Warna dan Swatch

Alat Warna dan Swatch memiliki kegunaan untuk memodifikasi, menyalin, dan menyimpan warna kustom untuk konten kamu. Letaknya berada di sudut kanan atas layar Photoshop. Di dalam Photoshop, Alat Warna dan Swatch memiliki fitur canggih yang akan membuat konten visual kamu tetap hidup dan menyatukan skema warna kamu.

Di dalam menggunakan Warna dan Swatch, kamu bisa mengambil warna perusahaan atau warna brand kamu dan simpan sebagai “Swatch” sehingga kamu dapat mereferensikan dan menggunakannya kembali setiap kali kamu mendesain konten visual.

3. Font dan Alat Teks

Fonts dan Alat Teks memiliki kegunaan untuk menambahkan font kustom ke database kamu serta memberikan akses ke pengaturan font tingkat lanjut. Letak dari Fonts dan Alat Warna ini berada di toolbar sebelah kiri di dekat bagian bawah.

Alat teks memiliki fungsi yang sama seperti alat teks pada aplikasi lainnya. Setiap kamu membuat kotak teks, maka Photoshop akan menghasilkan layer untuk itu. Kamu juga dapat memilih warna, ukuran, goresan, gaya font, dan berbagai opsi lain untuk mengubahnya.

Untuk font nya sendiri, selain yang sudah tersedia di dalam Photoshop, kamu juga bisa mendownload dan menginstal sendiri dengan mengunduhnya secara gratis di internet.

4. Brush Tool & Memilih Brushes

Kegunaan dari Tool ini adalah sama seperti font, yakni kamu dapat menambahkan brush khusus kamu yang bebas royalti. 

Kamu bisa memanfaatkan pengaturan brush untuk mengubah ukuran, bentuk, serta transparansi sapuan brush kamu untuk mencapai sejumlah efek visual yang berbeda. Letaknya berada di bilah alat sebelah kiri.

Tool Brush ini sangat cocok buat menambahkan aksen desain ke konten kamu. Adapun cara menggunakan Photoshop Tool Brush sebaiknya tambahkan lapisan baru agar kamu tidak melukis di atas elemen lainnya. 

5. Select Tool

Kegunaan dari Tool ini adalah ketika kamu menggunakan dengan benar maka alat ini akan membiarkan kamu memilih elemen individu, seluruh grafik, dan menentukan apa yang disalin, dipotong, dan ditempelkan ke dalam grafik. Adapun letaknya sendiri berada di bilah sebelah kiri.

6. Move Tool

Move tool merupakan alat yang cukup mendasar untuk memindahkan elemen-elemen individual dari grafik kamu. Letaknya berada di bilah alat sebelah kiri atas. 

Tool Move dapat berfungsi pada setiap lapisan, serta grafik secara keseluruhan. Cara menggunakan Photoshop Move Tool sendiri adalah dengan cara klik Ikon Move Tool dari bilah menu sebelah kiri dan cukup tarik objek yang ingin kamu pindahkan. 

7. Zoom Tool

Zoom Tool memiliki kegunaan untuk memperbesar area dan mengecilkan area tertentu dari suatu gambar. Letaknya berada di bar menu atas, pilih View > Zoom In atau View > Zoom Out.

8. Penghapus atau Eraser Tool

Eraser tool memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Brush tool, yakni mengubah ukuran dan kekerasan ujung penghapus untuk mencapai berbagai efek. 

Background Eraser menggunakan perbedaan warna untuk membantumu menghapus area latar belakang yang tidak diinginkan dalam gambar. Adapun letaknya berada di bilah alat sebelah kiri.

9. Alat Crop

Crop memiliki fungsi untuk memotong gambar. Cukup pilih area yang kamu inginkan dan pangkas. Letaknya berada di bilah alat sebelah kiri.

Nah cara menggunakan Crop Tool ini sederhana, caranya adalah dengan cara seret kotak di atas area yang ingin kamu potong, kemudian sesuaikan kotak pangkas dan klik serta seret kotak jangkar kecil di sisi dan sudut kotak.

10. Fill Tool

Fill tool sebelumnya bernama alat Paint Bucket. Fungsinya untuk mengisi setiap area padat dengan warna pilihan kamu sendiri. Letaknya berada pada bilah menu atas, pilih Layer > New Fill Layer. Dari sana,kamu memiliki opsi untuk memilih “Solid Color,” “Gradient,” atau “Pattern.”

Cara menggunakan Photoshop Fill tool adalah dengan cara menggunakan alat Gradient yakni pilih layer yang ingin kamu isi dengan pola, kemudian pilih Layer > New Fill Layer > Gradient. 

Dari sini kemudian pilih jendela “New Layer” lalu akan muncul dan meminta kamu untuk memberi nama layer pengisian warna baru. Kamu tidak perlu khawatir tentang memilih warna, cukup beri nama layer dan tekan “OK.”

11. The Eyedropper

Kegunaan dari The Eyedropper adalah sebagai alat yang berguna untuk mengekstrak dan menggunakan warna apa pun dari gambar apa pun di Photoshop. Letaknya berada di alat bilah sebelah kiri.

Adapun cara menggunakan Photoshop The eyedropper adalah dengan cara memilih ikon dari sidebar kemudian cari warna yang ingin kamu ekstrak, dan cukup klik area itu untuk mengkloning warna.

12. Blending Options

Blending options memiliki sejumlah fitur untuk meningkatkan tampilan atau grafik yang sudah kamu buat. Letaknya berada di menu bar bagian atas, pilih Layer > Layer Style > Blending Options.

Adapun cara menggunakan Photoshop Blending Options dengan memilih layer yang kamu inginkan untuk menerapkan opsi dan efek pencampuran, kemudian buka opsi pencampuran kamu dan pilih opsi yang ingin kamu terapkan.

Dengan berbagai menu yang ada, maka kamu tidak perlu bingung lagi dengan cara menggunakan Photoshop. 

Jika kamu tekun dalam belajar dan terus berlatih untuk membiasakan diri dengan Photoshop, bukan tidak mungkin jika hasil editan kamu sudah seperti fotografer profesional. Selamat ber edit ria.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *