3+ Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Membaca Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Pada dasarnya, teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan atau menjabarkan mengenai terjadinya suatu peristiwa dengan jelas sesuai urutan kronologis.

Struktur teks eksplanasi sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi. Buat kamu yang sedang mencari contohnya, berikut Camille Cortet berikan beberapa contoh teks eksplanasi singkat yang bersumber dari Pendidikanpedia.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Bencana Alam Gempa Bumi

Pernyataan Umum

Gempa bumi adalah bencana alam berupa getaran atau gelombang pada kulit bumi. Bisa terjadi karena letusan gunung berapi atau pergerakan lempeng bumi.

Urutan Sebab-Akibat

Gempa dibagi 2, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi. Sementara gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh letusan gunung api.

Kerugian akibat gempa di antaranya hancurnya bangunan-bangunan, trauma bagi korban, bahkan dapat menimbulkan korban jiwa.

Interpretasi

Karena penyebabnya yang memang tak bisa kita prediksi, sudah seharusnya kita selalu waspada dan berusaha mengantisipasinya.
Apabila gempa terjadi, segera berlari ke tanah lapang dan melindungi kepala supaya terhindar dari benturan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Bencana Alam Banjir

Pernyataan Umum

Banjir merupakan bencana alam berupa meluapnya air ke permukaan sehingga merendam dataran di suatu daerah. Dampak banjir meliputi kerusakan materi, moril dan fisik.

Jenis banjir ada 2, yaitu banjir bandang atau banjir besar dan banjir kecil. Banjir bandang ditandai dengan luapan air bervolume besar yang menerjang kemudian menggenangi daerah pemukiman.

Urutan Sebab-Akibat

Banjir dapat disebabkan oleh faktor alam dan manusia. Curah hujan tinggi, pasang naik air laut, letak geografis dan letak daerah yang ada di cekungan merupakan faktor alam.

Sementara membuang sampah sembarangan, penebangan hutan secara liar, tidak melaksanakan reboisasi merupakan faktor manusia penyebab banjir.

Dampak banjir antara lain rusaknya sarana dan prasarana, fasilitas umum, hilangnya barang berharga bahkan nyawa dan sulit mendapatkan air bersih.

Interpretasi

Bencana alam ini memang susah dihindari, tapi masih bisa dicegah. Cara mencegah banjir yang paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya dan menanam kembali hutan yang sudah gundul.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Fenomena Alam Pelangi

Pernyataan Umum

Pelangi adalah salah satu fenomena alam berupa busur spektrum berukuran besar. Selain bisa melihat pelangi di langit, kamu juga bisa melihatnya di air terjun.

Fenomena alam yang satu ini dianggap sebagai gejala meteorologi dan optik yang muncul di langit atau medium lainnya. Bentuknya berupa cahaya dengan aneka ragam warna yang sejajar.

Urutan Sebab-Akibat

Penyebab terjadinya pelangi adalah penyimpangan dan pembiasan cahaya yang menjauhi partikelnya.

Hal ini juga merupakan faktor penyebab fenomena efek cahaya lainnya di langit. Misalnya warna kemerahan ketika langit sedang senja.

Karena merupakan hasil pembiasan cahaya, maka pelangi tidak dapat muncul ketika gelap atau di malam hari.

Interpretasi

Waktu yang tepat untuk menantikan pelangi adalah saat hujan selesai. Ini merupakan salah satu fenomena alam indah yang patut kita syukuri ketika menyaksikannya.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Budaya

Pernyataan Umum

Budaya adalah warisan leluhur turun temurun dari nenek moyang yang mesti dilestarikan. Tak hanya identik dengan hal tradisional saja, budaya juga mencakup makanan, pakaian, bahasa, adat istiadat dan kesenian khas.

Apabila mendengar kata “budaya” biasanya yang terlintas pada pikiran kita adalah ciri khas suatu tempat atau daerah.

Urutan Sebab-Akibat

Hasil budaya terbagi menjadi 3 yakni kepercayaan, pengetahuan dan estetika. Budaya juga merupakan cara kehidupan berkembang.

Karena satu tempat dengan tempat yang lain bisa mempunyai budaya yang beda. Budaya ini diturunkan dan diwariskan dari generasi terus ke generasi selanjutnya.

Namun budaya juga bisa saja berubah mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan teknologi dan informasi, perubahan lingkungan, cara hidup masyarakat juga merupakan faktor lainnya yang bisa memengaruhi budaya. Perubahan budaya memiliki dampak positif dan negatif.

Interpretasi

Sejatinya budaya merupakan warisan leluhur. Oleh karena itu budaya sangat perlu dijaga dan dilestarikan sebagai sikap menghormati dan menghargainya. Budaya juga merupakan salah satu kekayaan yang harus dijaga supaya tidak punah.

Demikian kumpulan contoh teks eksplanasi singkat yang bisa dibagikan untuk sekarang ini. Apabila kamu punya contoh lain, mohon untuk ikut membagikannya dengan cara menulisnya di kolom komentar ya! Terima kasih.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *