Siapa yang Termasuk Kaum Dhuafa? Ini Penjelasan tentang Dhuafa

Dalam melaksanakan sedekah, ada beberapa golongan yang harus diutamakan. Salah satunya adalah kaum dhuafa.

Mungkin, sebagain dari Anda belum paham apa itu dhuafa dan siapa saja yang masuk ke dalam golongan kaum dhuafa. Untuk penjelasan lebih lanjut, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Dhuafa?

Jika diartikan secara bahasa, arti dari dhuafa adalah lemah.

Namun, berdasarkan istilah, dhuafa merupakan segolongan orang yang hidup dalam kelemahan, kemiskinan, ketidak berdayaan, kesengsaraan, serta berbagai bentuk ketidak beruntungan yang lainnya. Nah, dhuafa ini sendiri dapat Anda lihat dari kelemahan fisik, finansial atau bahkan psikis seseorang.

Tentunya, lemah yang dimaksud di atas bukanlah orang yang lemah karena malas, namun karena keterbatasan dan juga kesulitan yang mereka miliki. Hal inilah yang membuat kaum dhuafa menggantungkan hidupnya kepada orang lain.

Orang yang Termasuk Kaum Dhuafa

Siapa sajakah yang masuk ke dalam golongan dhuafa ini? Berikut golongan orang dhuafa yang harus diutamakan untuk mendapatkan sedekah.

1. Orang Miskin

Orang miskin adalah orang yang sudah bekerja keras, namun pendapatan yang didapatkan tidak  bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Artinya, mereka selalu dalam kesulitan setiap harinya.

Golongan ini adalah golongan kaum dhuafa yang harus dibantu, seperti yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah yang artinya:

“Barang siapa yang menyisihkan harta untuk menghidupi para janda dan orang-orang miskin, maka pahalanya sama seperti berjuang di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Orang Fakir

Banyak orang yang mengira bahwa miskin dan fakir itu sama saja. Padahal keduanya berbeda. Seperti yang dijelaskan di Dakwahdaily.com, miskin adalah orang yang masih bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan (walaupun gajinya pas-pasan atau bahkan kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya).

Sedangkan, orang fakir memiliki kondisi yang lebih buruk dari itu. Mereka tidak memiliki tenaga untuk bekerja atau bahkan uang untuk makan.

3. Anak Yatim

Anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal mati oleh ayahnya ketika usia mereka belum baligh. Tentu saja, anak-anak tersebut membutuhkan uluran tangan dari orang-orang sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan sekolahnya.

Anak yatim yang berhak mendapatkan sedekah adalah mereka yang hidup dalam kesusahan dan kemelaratan.

4. Janda

Janda adalah seorang istri yang ditinggal mati atau bahkan diceraikan oleh suaminya. Sementara, ia hidup di dalam kemiskinan dan juga kemelaratan. Maka mereka termasuk ke dalam golongan kaum dhuafa.

5. Korban Bencana

Korban bencana yang dimaksud ialah seseorang yang kehilangan rumah, harta dan juga saudara-saudaranya. Para korban bencana ini berhak mendapatkan bantuan seperti pakaian, makanan, uang dan bantuan lainnya.

6. Budak atau Hamba Sahaya

Budak adalah seseorang yang dibeli oleh orang lain untuk melakukan apa yang mereka perintahkan. Walaupun para budak atau hamba sahaya tersebut memiliki tuan yang kaya raya, namun mereka tidak memiliki kuasa untuk menentukan kehidupannya sendiri.

Maka, mereka masuk ke dalam golongan orang dhuafa. Untungnya, di zaman yang modern ini sistem perbudakan sudah dihapus.

7. Mualaf

Ternyata seorang mualaf atau orang yang baru saja masuk Islam merupakan golongan kaum dhuafa yang harus dibantu. Meski dilihat secara materi dan fisik mereka sangat mampu, tetapi keimanan yang mereka miliki sangatlah lemah. Hal inilah yang membuat kita harus membantu mereka baik dengan materi ataupun dengan bantuan moril.

Itulah golongan yang termasuk orang dhuafa. Tentu saja, mereka sangat membutuhkan bantuan dari umat muslim lainnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *