Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang umum menyerang orang Indonesia, terutama mereka yang berusia lanjut.

Tekanan darah di atas 120/90 mmHg sudah tergolong tekanan darah tinggi, sedangkan kurang dari 120/90 mmHg dianggap normal. Tekanan darah dihitung berdasarkan banyaknya darah yang dipompa oleh jantung dan tingkat ketahanan pembuluh darah terhadap sirkulasi aliran darah.

Bila Anda menderita tekanan darah tinggi, ada baiknya untuk mengikuti tips berikut untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengubah gaya hidup. Simak penjelasan berikut.

1. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga baik bagi kesehatan tubuh, khususnya jantung. Olahraga membuat jantung lebih kuat dan lebih mudah dalam memompa darah. Hal ini dapat membuat tekanan arteri berkurang dan menurunkan tekanan darah.

Asosiasi kesehatan jantung Amerika Serikat menyarankan untuk melakukan olahraga intens sebanyak tiga hingga empat kali dalam sepekan selama minimal 30 menit. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan jalan kaki, bersepeda, menaiki tangga dan berkebun.

2. Menurunkan Berat Badan

Tekanan darah tinggi berkaitan dengan kelebihan berat badan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2016 lalu, menurunkan lima kilogram bobot tubuh Anda dapat menurunkan tekanan darah rata-rata 3,2 – 4,5 mmHg. Menurunkan tekanan darah juga dapat menghindari penyakit lain yang disebabkan oleh obesitas.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Saat Anda mengalami tekanan darah tinggi, Anda harus merubah pola makan Anda menjadi lebih sehat. Perbanyak konsumsi makanan seperti biji-bijian seperti Beras Merah, Gandum, dan Oat, Buah-buahan, Sayur-sayuran, dan Produk susu rendah lemak.

4. Hindari Makanan Pantangan

Selain merubah pola makan, terdapat pula makanan pantangan darah tinggi yang harus dijauhi. Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi karena dapat menyebabkan hipertensi., Mengutip https://makananpantangan.com bagi penderita hipertensi baiknya hindari makanan seperti:

  • Makanan Kalengan,
  • Makanan Cepat Saji
  • Makanan Berlemak
  • Makanan Kemasan
  • Daging Merah
  • Alkohol
  • Kopi

5. Hindari Rokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan tekanan darah meningkat sebanyak 10 mmHg satu jam setelah merokok, Oleh karena itu, kebiasaan merokok berarti membuat tekanan darah Anda selalu konstan pada level yang tinggi.

Hal yang sama dengan mereka para perokok pasif yang memiliki risiko yang sama.

6. Kurangi Stress

Stress berkaitan langsung dengan tekanan darah tinggi. Baiknya luangkan “me time” Anda untuk relaksasi dan memikirkan ulang permasalahan yang Anda hadapi, hal ini lebih baik dalam mengelola stress dan membantu Anda menyelesaikan permasalahan Anda secara sistematis.

Luangkan waktu untuk melakukan relaksasi seperti rekreasi ke taman, pijat refleksi, yoga atau meditasi.

7. Konsumsi Coklat Hitam

Mengutip penelitian yang dilakukan Harvard Medical School mengungkapkan satu bar coklat hitam dengan kandungan kakao hingga 70 persen dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan flavanoid dalam coklat hitam dapat melebarkan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah.

Dengan melakukan 7 Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi di atas, Anda dapat mengontrol tekanan darah Anda dan menghindarkan dari risiko penyakit kardiovaskular seperti Penyakit Jantung dan Stroke.