Cara Dan Proses Pembuatan Tas Souvenir

Tas kertas sekarang ini banyak digunakan untuk berbagai acara sehingga pemesanannya menjadi lebih banyak. Salah satunya adalah untuk kebutuhan souvenir. Tas kertas souvenir kebanyakan berukuran sedang dan kecil, sehingga sangat simple. Selain itu, harga tas souvenir murah dan terjangkau.

Begitu pula dengan motif dan tulisannya pada tas kertas untuk souvenir yang sangat bervariasi. Tas souvenir untuk acara pernikahan akan berbeda motif dan tulisannya tas souvenir acara yang lain. Proses pembuatan tas souvenir dari kertas sebenarnya cukup mudah.

Cara Membuat Tas Souvenir dari Kertas

  1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti kertas, gunting, lem, dan lainnya. Kertas yang digunakan bisa berupa kertas kado dan karton. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kertas yang polos untuk kemudian bisa Anda beri tulisan sendiri.
  2. Gunting kertas kado sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Kemudian sambungkan bagian yang tepi yang masih terpisah dengan lem dan biarkan dulu bagian atas dan bawahnya.
  3. Untuk bagian bawah lipat sedikit sekitar 1,5-2 cm sebagai alasnya nanti. Kemudian lipat bagian kedua ujung samping dan sedikit untuk bagian bawah. Lalu gabungkan lipatan tersbut dengan lem namun jangan sampai menempel pada dalam tas. Lakukan hal ini dengan hati-hati.
  4. Sementara itu, untuk bagian atas lipat sedikit sekitar 1,5-2 cm dan rapikan bagian pinggir dengan cara digunting.
  5. Gunting ertas karton yang sudah tersedia sesuai dengan ukuran tepi bawah dan atas sebagai pelapis agar tidak terlalu lemas. Lalu tempelkan kerton tersebut dengan lem pada bagian atas dan bawah.
  6. Lubangi bagian atas tas sebanyak 4 dengan gunting atau yang lainnya sebagai tempat tali. Masukkan tali pita pada lubang yang ada satu tali untuk sisi depan dan satu tali untuk sisi belakang dan tas siap digunakan. Jadi, tas dari kertas ini bisa menjadi pilihan Anda sebagai tas souvenir murah untuk berbagai acara.

Cara Membuat Tas Souvenir dari Kain (Blacu, kanvas, atau Spunbond)

  1. Siapkan bahan-bahan seperti kain baik (blacu, kanvas ataupun spunbond), gunting, benang, jahit. Anda juga bisa menyiapkan bahan pelengkap lainnya seperti sablon dan sebagainya.
  2. Gunting kain dengan bentuk persegi panjang dengan perbandingan 2:1, untuk ukuran sesuai keinginan Anda. Kemudian lipat kain menjadi dua bagian yang membentuk persegi panjang. Jadikan bagian yang buntu sebagai alas atau bawah. Sementara itu bagian atas dan samping biarkan terbuka sementara.
  3. Untuk bagian atas lipat kain sekitar 1,5-2 cm dan kemudian jahitlah agar terlihat rapi.
  4. Jahit masing-masing tepi kanan dan kiri untuk menggabungkannya dan bari lipatan kedua sisi tersebut.
  5. Kemudian buat tali tasnya dengan cara potong kain berbentuk memanjang sebanyak dua. Lalu lipat masing-masing kain tersebut hingga membentuk kecil dan memanjang menyerupai pita. Jahit bagian tepi kain tersebut sehingga akan lebih kaku dan kuat. Terakhir pasang tali pada tas dengan cara dijahit.
  6. Anda bisa memberi motif, tulisan, atau gambar tertentu pada tas souvenir dari kain tersebut dengan cara disablon dan partinya ini bisa dilakukan pada kain yang polos. Anda bisa mendesain gambar atau tulisan sendiri, namun juga bisa meminta bantuan kepada percetakan atau tukang sablon. Untuk harganya pastinya sangat terjangkau dan bersahabat.

Demikian cara membuat tas souvenir dari kertas dan kain sangat mudah. Namun bagi Anda yang memang sangat sibuk sehingga tidak bisa membuatnya sendiri bisa pesan pada penjual tas souvenir murah, apalagi dalam bentuk grosir atau borongan.