Bunga mawar Kuning

Cara Menanam Bunga Mawar Dari Stek Batang

Siapa sih yang tak tahu bunga mawar? Pasti semua sudah tahu tentang bunga nan indah ini. Bunga ini sering diberikan seorang lelaki kepada wanita yang dia cintai sebagai bentuk kasih sayang. Begitu juga dimata seoarang memiliki hobi menanam maka menanam bunga mawar merupakan sebuah kesenangan tersendiri.

Kali ini kami ingin sedikit berbagi informasi tentang bagaimana menanam bunga mawar dari stek batang. simak ulasan kami berikut.

Langkah dan Cara Menanam Bunga Mawar dengan Stek

Memperbanyak mawar dari stek

Mawar yang dijual komersial biasanya diperbanyak dengan proses okulasi. Tahapan ini melibatkan pengambilan tunas baru yang kemudian ditempelkan pada mawar yang cukup kuat baik struktur batang maupun akarnya. Sementara itu cara menanam bunga mawar melalui stek adalah proses yang berbeda dan biasanya dianggap tidak layak secara komersial. Meskipun begitu cara ini memudahkan Anda membeli mawar dari berbagai daerah dengan mudah.

Bibit mawar yang dijual dengan stek batang biasanya berupa akar telanjang, yang mana tanaman ini akan terlihat seperti seikat ranting tanpa daun dan bunga. Metode ini berfungsi untuk menghentikan fotosintesis dan membuat tanaman tidak aktif sementara. Anda harus memastikan stek ini tidak mati sebelum menanamnya. Pastikan bahan pembungkusnya selalu lembab dan disimpan di tempat gelap sampai batang tersebut siap ditanam.

Menyiapkan batang stek

Jika Anda mencoba untuk membuat stek Anda sendiri maka pilihlah tanaman mawar yang memiliki batang setebal pensil. Anda bisa mendapatkannya dari koleksi mawar di taman Anda atau dari rangkaian bunga yang diberikan oleh kekasih. Untuk mendapatkan stek yang berhasil maka pilihlah batang mawar yang lurus (tidak bengkok), matang (bisa mematahkan duri dengan bersih), dan masih muda (berumur sekitar satu tahunan).

Potonglah batang sekitar 23 cm di bawah kuncup bunga yang berada di atas. Lalu bersihkan dedaunan dan duri di bagian bawahnya. Memotong bunga dan daun dari batang mawar akan membuat tanaman ini memfokuskan energi kembali untuk kelangsungan hidup dengan membuat akar baru. Sementara jika Anda menginginkan pertumbuhan batang stek dapat diamati, maka bisa meninggalkan setidaknya dua helai daun paling atas.

Menyiapkan media tanam

Stek mawar harus ditanam segera setelah dipotong dari batang utamanya. Jadi sebelum melakukan stek maka siapkan media tanamnya terlebih dahulu. Untuk menempatkan batang stek langsung di area taman, maka pilihlah tempat yang teduh agar batang tidak tertekan oleh sinar matahari yang panas. Siapkan tanah dengan lubang sekitar 15 cm, lalu tambahkkan sedikit pasir agar akar baru lebih mudah menembus tanah.

Untuk memulai stek dalam wadah, maka gunakan media campuran tanah, pasir, dan perlit. Usahakan media tanam tersebut memiliki sistem drainase yang baik. Anda juga bisa menambahkan super fosfat atau tepung tulang di bagian bawah lubang, yang bisa memberikan makanan bagus selama sistem rooting atau pengakaran. Selain itu Anda juga bisa memakai media kentang untuk menjaga kelembapan stek selama proses tersebut.

Menanam dan menjaga batang stek baru

Sebelum Anda menanam batang stek di media tanam, maka tidak ada salahnya jika Anda menambahkan sedikit hormon penumbuh akar untuk mempercepat proses rooting. Meskipun tidak mutlak diperlukan namun hormon ini cukup membantu. Basahi sedikit ujung pangkal batang yang akan ditanam, lalu celupkan ke dalam hormon kering hingga tertutup. Setelah itu tempatkan batang stek ke dalam lubang yang sudah Anda buat.

Berhati-hatilah ketika memasukkan batang sehingga tidak menghilangkan semua hormon rooting yang menempel. Jika perlu buatlah lubang media yang cukup besar. Dorong sedikit tanah di sekitar batang untuk menyelesaikan penanaman. Lakukan hal yang sama untuk bagian stek yang lain, dan berikan jarak setidaknya 12 cm untuk masing-masing batang. Jika perlu berikan label jenis mawar atau dari mana Anda mengambil stek tersebut.

Membuat rumah kaca mini

Untuk menjaga kelembapan tanah sehingga tidak cepat mengering selama proses rooting, maka gunakan botol atau stoples bening di atas media tanah. Metode ini berfungsi sebagai rumah kaca mini dan menjaga stek tetap lembab. Sementara untuk rooting di dalam wadah atau pot bisa menggunakan kantong plastik bening sebagai penutup. Namun berikan penyangga kayu agar plastik tersebut tidak bersandar pada batang stek.

Metode rumah kaca mini memungkinkan tanaman tetap lembab meskipun ditempatkan di bawah sinar matahari. Namun metode ini juga bisa membuat panas yang berlebih ketika siang hari, dan memungkinkan tanaman di dalamnya menjadi mati. Untuk itu perlu penyiraman yang rutin setiap dua hari sekali untuk menjaga tanah tetap lembab. Namun usahakan untuk tidak membuat genangan air sehingga membuat tanah menjadi lembek.

Pemupukan tanaman

Cara menanam bunga mawar dari stek biasanya memakan waktu 10-14 hari sampai akar baru mulai terbentuk. Untuk menguji perkembangannya maka tariklah batang stek tersebut dengan lembut. Jika Anda merasakan sedikit perlawanan maka akar baru telah terbentuk. Untuk menguatkan akar-akar tersebut maka tambahkan pupuk lembut berbasis ikan atau rumput laut. Pupuk tersebut akan membantu menutrisi akar-akar tanaman stek supaya lebih kuat.

Mawar sendiri adalah tanaman yang cukup menuntut adanya pasokan nitrogen, fosfor, dan kalium yang stabil. Dalam kebanyakan kasus, pemberian pupuk kompos, pupuk kandang, emulsi ikan, dan ekstrak rumput laut akan memberikan semua nutrisi yang mawar butuhkan. Seperti yang telah dibahas secara jelas di Fahmipedia.com bahwa pupuk organik akan mengurangi ketidakseimbangan pH dan menstimulasi kehidupan tanah yang bermanfaat. Sementara itu, Anda juga bisa menambahkan nutrisi dari pupuk cair atau granular.

Tahap pemindahan wadah (untuk rooting dalam pot)

Setelah akar terbentuk dan menunjukkan pertumbuhan yang kuat, maka Anda bisa memindahkan mawar tersebut ke tanah yang lebih permanen. Mawar-mawar ini akan menjadi semak kecil dan tumbuh cukup lebat di area yang mendukung. Menanam mawar dengan stek berarti menempatkan tanaman ini pada akarnya sendiri, sehingga tidak akan sekuat tanaman induk, dan harus dijaga dari cuaca dingin atau panas yang ekstrem.

Pemberian air

Bunga mawar akan membutuhkan lebih banyak air dibandingkan tanaman lansekap lainnya, terutama selama tahun pertama ketika mulai tumbuh. Pengairan yang baik akan menjaga daun tetap lembab dan mendorong pertumbuhan akar tetap sehat. Namun jangan terlalu berlebih ketika memberikan air pada tanaman. Cara yang tepat untuk menyirami bunga mawar yaitu dengan irigasi tetes yang memungkinkan air terkonsentrasi pada akar dengan baik.

Pemangkasan batang

Mawar merupakan tanaman yang mudah mengering dan mengalami sakit-sakitan. Untuk itu setiap batang yang mati, layu, atau terserang hama harus cepat dipangkas agar tidak menimbulkan penyakit yang lebih besar. Pemangkasan ini akan meningkatkan sirkulasi udara ke pusat tanaman dan meminimalkan masalah jamur. Proses pemangkasan juga akan merangsang cabang baru untuk tumbuh, dan memungkinkan Anda membentuk semak mawar yang lebih indah.

Pencegahan hama dan penyakit

Cara menanam bunga mawar dengan metode apapun pasti akan sia-sia, terutama jika Anda tidak mampu menjaganya dari serangan hama atau penyakit. Untuk itu mulailah dengan memilih varietas tanaman yang tahan penyakit. Pertahankan bunga mawar Anda tetap sehat dengan memberikan pupuk, air, serta pestisida yang cukup. Pastikan juga dedaunan tetap lembab dengan menyingkirkan daun yang sakit atau bunga yang sudah layu.

Untuk melindungi bunga mawar dari cuaca dingin yang ekstrem (terutama untuk negara beriklim dingin atau salju), maka bisa tambahkan sedikit tanah atau mulsa sekurang-kurangnya 18 cm dari dasar tanaman. Lalu tutup bagian atasnya menggunakan tongkat dengan ditambah jerami, daun, ranting, dan sebagainya. Namun beberapa varietas yang lebih kecil biasanya lebih tahan terhadap cuaca ekstrem dan bisa diletakkan tanpa perlindungan khusus.