Cara Mencegah Batu Ginjal secara Alami

Cara Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan pengkristalan mineral yang terjadi di dalam ginjal ataupun saluran kemih tubuh Anda. Batu ginjal terbentuk dari kalsium oxalate dan komponen lain yang menyebabkan terjadinya terbentuknya kristal dalam ginjal Anda.

Batu ginjal dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti berat badan yang turun, demam, mual-muntah, hematuria dan nyeri pada perut bagian bawah. Selain itu, batu ginjal juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

Batu ginjal umumnya di alami oleh mereka yang kurang konsumsi air putih atau mereka yang mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan cairan tubuh Anda setiap hari dengan mengonsumsi dua liter air setiap hari.

Selain menjaga asupan cairan, cara mencegah batu ginjal adalah dengan menjaga asupan makanan Anda setiap hari, terdapat beberapa makanan yang dianjurkan dan juga pantangan untuk batu ginjal. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan cara mencegah batu ginjal secara alami di bawah ini:

Cara Mencegah Batu Ginjal secara Alami

1. Konsumsi Air Putih

Salah satu penyebab timbulnya batu ginjal adalah kurangnya asupan cairan pada tubuh Anda. Mengonsumsi air putih dapat menjaga metabolisme tubuh Anda dan mencegah akumulasi bahan-bahan kimia pada ginjal dan saluran kemih Anda.

Untuk mencegah batu ginjal, Anda diharuskan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari atau sekitar 2 liter. Selain itu air putih, konsumsi makanan tinggi kandungan air seperti buah jeruk, buah semangka, dan buah melon juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah-buahan tersebut dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

Di sisi lain, kurangi konsumsi minuman bersoda dan yang mengandung kafein karena merupakan salah satu faktor penyebab batu ginjal.

2. Konsumsi Teh Bawang Dayak

Rutin mengonsumsi teh bawang dayak merupakan salah satu cara mencegah pembentukan batu ginjal, kandungan senyawa aktif Alicin yang terkandung didalam bawang dayak berperan sebagai diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal ini berperan untuk menurunkan kadar keasaman atau pH tubuh Anda serta membantu mengeluarkan level kelebihan cairan kimia di tubuh Anda.

3. Hindari Makanan Tinggi Garam

Mengurangi konsumsi makanan tinggi garam merupakan hal yang sangat baik untuk kesehatan Anda secara umum, makanan tinggi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Selain itu, makanan yang tinggi kandungan dapat meningkatkan level kalsium yang terdapat dalam urin Anda.

Tingginya kandungan kalsium dalam urin Anda dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal pada saluran kemih maupun ginjal Anda. Selain itu, makanan dengan kadar garam tinggi juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

4. Kurangi Konsumsi Daging Merah

Protein dalam daging merah seperti daging sapi, daging kerbau, daging babi dan daging kambing dapat menjadi katalis yang meningkatkan pembentukan batu ginjal.

Diet tinggi protein hewani juga dapat menurunkan kadar level citrate tubuh Anda, citrate merupakan komponen kimia yang dapat mengeluarkan racun pada ginjal. Selain itu, protein dalam daging merah juga dapat menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk mencegah akumulasi kalsium oxalate.

5. Jaga Asupan Kalsium

Meski kalsium merupakan salah satu komponen yang membentuk batu ginjal. Namun, mengurangi asupan kalsium bukanlah sebuah langkah bijak.

Bila tubuh Anda kekurangan mineral kalsium just akan meningkatkan level oxalate pada tubuh Anda, hal ini yang menstimulasi pembentukan batu ginjal. Untuk menjaga asupan kalsium dalam tubuh Anda, pastikan Anda mengonsumsi makanan seperti susu, ikan salmon, kale, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mencegah Batu Ginjal secara Alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan.