Gambar Cara Mendidik Anak Balita

Cara Mendidik Anak Balita

Mengajar anak balita memang perlu kesabaran yang ekstra. Sebab anak-anak usia balita ini umumnya tidak bisa duduk diam dan sangat mudah bosan. Nah, pada kondisi inilah Anda harus memahami cara mendidik anak balita dengar benar dan menyenangkan. Anak balira biasanya memiliki tingkat emosional yang tinggi dan didukung pula dengan mood yang berubah-ubah.

Gambar Cara Mendidik Anak Balita
Gambar Cara Mendidik Anak Balita

Anak balita memang sangat butuh perhatian yang khusus. Mereka berada di fase yang menjadikan mereka memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi, dan Anda sebagai seorang pendidik ataupun orang tua dari si anak untuk bisa menstimulasi otak mereka dengan beberapa pendidikan dasar.

Misalnya membaca. Kemampuan membaca sangat penting untuk diajarkan pada anak Anda. Sebab setiap jenjang pendidikan formal, anak akan dihadapkan pada suatu bahan ajar yabg tentunya harus dibaca dan dipahami. Nah, jika anak Anda tipikal anak yang senang menyimak cerita, Anda dapat bacakan contoh cerpen singkat.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa cara mendidik anak balita, baik di sekolah maupun di rumah. Apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini, yuk!

  1. Belajar Membaca dengan Metodek Titian Ingatan

Membaca merupakan hal penting bagi anak-anak. Di usianya yang belum genap lima tahun ini justru memberi peluang besar untuk kemampuan si anak dalam hal membaca. Sebab di usia belia itu mereka masih mudah menangkap intruksi. Sehingga pada beberapa kasus, ada anak yang mahir membaca ketika baru masuk TK.

Ternyata banyak orang tua yang mempercayakan putra-putri mereka pada metode belajar membaca dengan titian ingatan. Mengapa titian ingatan? Sebab anak-anak di usia ini memiliki kelemahan pada bagian huruf vokal.

Misalnya, huruf p diimbuhi dengan konsonan a menjadi pa. Denfan titian ingatan berupa paku, payung ataupun padi. Sehingfa ketika anak lupa, Anda akan diingatkan dengan titiannya bukan hurufnya.

  1. Belajar Sambil Bernyanyi

Anak-anak umumnya senang sekali dengan lagu. Nah, ajaklah anak-anak balita belajar sambil bernyanyi. Nah, Anda bisa menyisipkan hafalan angka, warna maupun hari dalam lagi anak-anak yang sederhana. Dengan metode ini, anak-nak akan hafal luar kepala.

  1. Berhitung dengan Gambar

Anda dapat menggambar beberapa buah apel atau apapun yang anak sukai. Kemudian Anda ajal anak menghitung berapa banyak gambar yang Anda buat.

  1. Mengajarkan Sopan Santun

Anda juga perlu menanamkan nilai kesopanan pada anak-anak balita. Agar apa? Agat anak mampu mengkondisikan diri mereka ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Baik itu guru maupun orang tua mereka.

  1. Ajari Anak Mengenai Kebersihan

Anak balita umumnya senang bermain, berlarian, dan terpapar debu. Sehingga Anda perlu mengedukasi mereka untuk mandi secara rutin dengan sabun. Juga mencuci tangan mereka sebelum makan. Cara menjaga kebersihan lingkungan pun harus mulai diranamkan pada anak balita. Seperti membuang sampah pada yempatnya.

Edukasi ringan semacam ini akan menjadi kebiasaan anak dan terbawa hingga ia dewasa. Anak yang sadar akan kebersihan diri dan lingkungan akan menjadi generasi emas bangsa yang menjadi tunas generasi bangsa.