Cara Mengajar Anak TK

Mengajar anak TK merupakan kegiatan yang susah-susah gampang, mengingat anak-anak menjadi makhluk yang kadang susah diatur. Jenjang pendidikan TK atau Taman Kanak-kanak ini adalah fase di mana anak diajarkan membaca, menulis, berhitung serta menjadi pondasi anak usia dini untuk naik ke jenjang berikutnya. Menceritakan beragam cerita anak pada mereka bisa menjadi salah satu cara agar belajar mengajar di sekolah menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Cara Mengajar Anak TK
Cara Mengajar Anak TK

Tips Cara Mengajar Anak TK Agar Menjadi Kegiatan yang Menyenangkan

1. Memberikan pendidikan agama

Pendidikan agama merupakan peran yang penting dalam menentukan akhlak serta perilaku anak di kemudian hari karena di usia tersebut anak lebih cepat menyerap informasi. Anda bisa memulai berdoa surat-surat pendek bersama sesaat sebelum mulai belajar. Selain itu, ajari juga mereka cara menghormati orang yang lebih tua, cara menghargai dan menyayangi orang lain.

2. Memasukkan musik saat belajar

Anak-anak pasti senang dengan musik dan mereka suka menyanyi, anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengajari mereka abjad, nama-nama hari, nama-nama bulan, nama-nama hewan dan lain-lain dengan lagu. Dengan bernyanyi maka anak-anak akan lebih semangat saat sedang belajar dan mereka juga tidak akan bosan.

3. Melatih keterampilan anak

Latihlah keterampilan anak dengan cara mengajari mereka menggambar, mewarnai, menyanyi, menulis, membaca, melipat kertas, dan berolahraga. Saat mengajari mereka keterampilan maka akan terlihat bakat dan potensi mereka apa saja. Sehingga setelah anda tahu potensi anak tersebut, anda akan lebih mudah mengembangkannya.

4. Memberi waktu luang bagi anak untuk bermain sesuka hati mereka

Bermain merupakan salah satu hal yang sangat disukai oleh anak-anak, permainan adalah dunia mereka. Jadi, berikan mereka waktu bermain dan biarkan mereka memainkan segala jenis permainan yang mereka sukai. Memberikan waktu istirahat dengan bermain akan membuat mereka rileks dan kembali siap menerima pelajaran di jam berikutnya.

5. Melakukan kunjungan dan rekreasi ke suatu tempat

Bukan hanya anak-anak yang suka akan rekreasi, orang dewasa pun butuh rekreasi untuk mengistirahatkan segala penat dari aktivitas. Anda bisa memilih tempat rekreasi yang cocok untuk anak-anak TK, yang membuat mereka nyaman, aman jika dijadikan tempat bermain mereka, dan tentunya membuat mereka senang. Karena anak-anak akan suka dengan kunjungan keluar kelas agar tidak bosan berada terus di dalam kelas.

6. Ikut meramaikan hari besar

Ajak anak-anak untuk ikut meramaikan hari-hari besar misalnya saat hari kemerdekaan 17 Agustus. Libatkan anak-anak pada setiap perlombaan yang diadakan di sekolah agar menambah semangat mereka. Bukan hanya di hari kemerdekaan saja, di hari kartini juga anda bisa melibatkan anak-anak dengan mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan hari besar tersebut.