cara-menjaga-kesehatan-kulit

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit adalah sesuatu yang sensitif. Oleh karena itu, kesehatannya harus benar-benar dijaga. Terlebih saat ini sangat banyak zat kimia dan bahan-bahan lain yang menyebabkan masalah pada kulit. Seperti paparan sinar UV yang dapat merusak kulit, jerawat, komedo dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga, diperlukan cara menjaga kesehatan kulit yang efektif agar kulit senantiasa sehat dan terjaga.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Kulit

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan agar kulit menjadi sehat dan semakin sempurna lebih jelasnya telah dibahas di wasilah.info,terlebih untuk jenis kulit yang sensitif. Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Lindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari Langsung

Tips pertama agar kulit menjadi sehat dan sempurna adalah menjaga kulit dari paparan sinar matahari langsung. Terlebih sejak pukul 10.00 sampai dengan pukul 16.00. Pada jam-jam tersebut, panas matahari memiliki intensitas yang sangat tinggi. Maka, untuk melindungi kesehatan kulit Anda, sebaiknya gunakan produk SPF atau pelindung sinar matahari.

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Selain melindungi kulit dari sinar matahari, Anda juga harus menjaga kesehatan kulit dengan memenuhi asupan air. Karena mengkonsumsi air putih akan sangat membantu di dalam hidrasi kulit. Sehingga, kulit akan tetap sehat dan terjaga. Oleh sebab itu, pastikan mengkonsumsi air putih setidaknya 2 liter dalam satu hari.

3. Menggunakan Masker Tomat

Tomat adalah salah satu bahan yang cukup banyak khasiatnya. Salah satu manfaat tomat adalah membantu merawat kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan tomat yang sangat kaya akan mineral, antioksidan dan juga vitamin. Sehingga bahan ini cocok dijadikan perawatan sehari-hari. Caranya adalah dengan menjadikan tomat sebagai masker wajah secara rutin.

4. Membersihkan Muka secara Rutin

Sisa make up yang tidak dibersihkan bisa menimbulkan masalah bagi kulit. Oleh karena itu, biasakan diri Anda untuk selalu membersihkan sisa make up di wajah dengan mencuci muka. Ini adalah cara menjaga kesehatan kulit yang paling utama. Dan alangkah lebih baik lagi jika Anda menggunakan milk cleanser terlebih dahulu agar kotoran bekas make up terangkat dengan baik.

5. Biasakan Mengkonsumsi Makanan Sehat untuk Kulit

Adapun cara berikutnya yang wajib diperhatikan agar kesehatan kulit terjaga adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan sehat. Ada banyak jenis makanan yang berdampak baik untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, dapatkan kulit yang sehat dengan memilih makanan sehat. Adapun contoh makanan sehat yang dimaksud seperti wortel, ikan, brokoli dan sebagainya.

6. Usahakan Tidur yang Cukup

Ternyata pola tidur seseorang sangat berpengaruh kepada kesehatan kulitnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan orang yang kurang tidur cenderung memiliki kulit yang kusam, kasar dan tampak lebih tua dari usianya. Oleh karena itu, agar kesehatan kulit senantiasa terjaga dengan seimbang, usahakan untuk tidur dan istirahat cukup. Pastikan istirahat yang nyenyak dan berkualitas.

7. Konsumsi Vitamin untuk Kulit

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu mengkonsumsi aneka vitamin agar mendapatkan kulit yang berkualitas. Karena sesungguhnya, kulit juga membutuhkan asupan vitamin tersendiri. Sehingga, ia tidak mudah rusak atau terkena masalah. Di antara jenis vitamin yang sangat diperlukan oleh kulit adalah vitamin A, C, D dan lain-lain.

Beberapa cara menjaga kesehatan kulit di atas sangat penting untuk diperhatikan. Dengan demikian, Anda akan bisa menghindari penuaan dini dan berbagai masalah kulit yang lain. Kulit yang berkualitas akan membuat Anda merasa nyaman dan puas.