Cara Menurunkan Kadar Kolesterol secara Alami

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan serangan jantung.  Pengobatan tertentu dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Namun, bagaimana cara untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami?

Untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami dan merawat jantung Anda, dibutuhkan penerapan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Bagaimana jika Anda seorang pekerja kantoran yang sibuk dan hampir tidak memiliki waktu untuk berolahraga? berikut ini beberapa panduan untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami dan mudah dilakukan oleh siapapun. Simak ulasannya dibawah ini

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol secara Alami

1. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan banyak cara, salah satunya adalah menurunkan kemampuan tubuh dalam menangani kelebihan kolesterol dalam tubuh Anda.

Sel imun para perokok tidak mampu mengembalikan kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah untuk disalurkan ke organ liver untuk dicerna. Disfungsi sel imun ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah arteri.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di negara Asia Pacific menemukan bahwa kebiasaan merokok dapat menurunkan level kolesterol baik dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, mulai saat ini sebaiknya hentikan kebiasaan merokok.

2. Batasi Konsumsi Alkohol

Bila dikonsumsi dalam jumlah wajar, kandungan ethanol dari minuman alkohol dapat meningkatkan kadar lemak baik atau HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Alkohol dapat membantu membersihkan kadar kolesterol dalam darah dan pada dinding pembuluh darah untuk dikirimkan ke organ liver untuk dicerna. Hal ini sangat baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan mencegah risiko penyakit jantung.

Namun, sebaiknya batasi konsumsi alkohol Anda, karena terlalu banyak alkohol juga berdampak buruk karena dapat menyebabkan kerusakan organ liver.

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga merupakan win-win solution untuk kesehatan tubuh Anda, tidak hanya meningkatkan kemampuan fisik dan bentuk tubuh Anda, namun juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Dalam sebuah studi yang dilakukan semalam 12 minggu menemukan bahwa mereka yang melakukan olahraga aerobik dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh mereka. Dalam penelitian tersebut, partisipan berolahraga tiga kali dalam seminggu selama 15 menit setiap sesinya.

Aktivitas aerobik dapat meningkatkan detak jantung hingga 75 persen sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan disaat bersamaan kadar kolesterol jahat turun secara signifikan. Dalam penelitian tersebut, peneliti juga mengungkapkan bahwa menambah durasi latihan juga berdampak positif untuk menurunkan kolesterol tubuh Anda.

4. Konsumsi Daun Afrika

Manfaat Daun afrika dalam menurunkan kolesterol adalah dikarenakan kandungan Asam Linoleic dan Asam Linolenic, keduanya merupakan lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung dan hipertensi.

Mengutip Manfaat.PRO, ekstrak daun afrika dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 50 persen dan membantu tubuh Anda meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Konsumsi Makanan Berserat

Serat merupakan komponen tumbuhan yang dapat larut dalam air dan dapat dicerna oleh tubuh manusia.

Dalam organ usus, terdapat bakteri yang dapat mencerna serat yang berasal dari sayuran yang Anda konsumsi, bakteri yang memiliki nama probiotik ini dapat membantu tubuh mencerna kolesterol jahat dalam tubuh seperti LDL dan VLDL.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 30 orang dewasa yang diberikan suplemen 3 gram serat selama 12 minggu menunjukan bahwa kadar kolesterol tubuh mereka berkurang hingga 18 persen.  Dalam penelitian lainnya, menyebutkan bahwa mengonsumsi sereal kaya serat dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 4 persen.

Baca Juga:
Makanan Penurun Kolesterol
Herbal Penurun Kolesterol

6. Turunkan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih atau kegemukan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol tubuh Anda. Kegemukan menyebabkan metabolisme tubuh Anda berjalan lambat sehingga dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

Hindari makanan berlemak dan tinggi gula serta mulailah rutin berolahraga tiga kali dalam sepekan, cukup lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging dan naik-turun tangga sudah dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan dapat menurunkan berat badan.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menurunkan Kadar Kolesterol secara Alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan cara-cara yang alami.