Bitcoin

5 Rekor Harga Bitcoin Tertinggi dalam Kurun Waktu Satu Tahun Terakhir

Naiknya harga bitcoin yang meroket tajam sering disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya seperti spekulasi harga oleh pemain, penawaran dan permintaan yang besar, jumlah transaksi melebihi angka sebelumnya, dan lain-lain.

Salah satu keinginan para investor ketika harga bitcoin tinggi adalah menjual miliknya secara wajar atau mengambil untung sepersekian persen, padahal dampak tingginya harga tersebut, mereka sudah banyak mendapat keuntungan.

Akibatnya, kenaikan harga bitcoin sering diusahakan oleh para pemain dan diharapkan mampu mencapai angka lebih tinggi setiap harinya, karena peluang tersebut cukup besar. Namun, meski disebut menguntungkan bagi para investor, kenaikan bitcoin dianggap berbahaya oleh sebagian periset karena akan menimbulkan masalah lain seperti persaingan tidak sehat dan permintaan harga akan semakin tinggi layaknya inflasi.

Kendati demikian, 5 rekor harga bitcoin tertinggi nyatanya sempat dirasakan oleh seluruh pemain di di dunia. Mereka merasa diuntungkan, tetapi juga tak sedikit yang merasa dirugikan.

  1. Naik tembus Rp79 juta rupiah

Pada tanggal pertengahan bulan Oktober 2017 kemarin, harga bitcoin merangkak tajam hingga menyentuh angka Rp 79 juta rupiah dengan kurs rupiah pada saat itu Rp13.500,00. Kenaikan tersebut terjadi setelah China terang-terangan mengumumkan bahwa ada pembatasan bahkan pelarangan penggunaan bitcoin. Bahkan saking tingginya, IMF sampai menyebut bitcoin sebagai sebuah ancaman yang berbahaya. Hal itu dikarenakan sistim keuangan global bakal terpengaruh dan dikhawatirkan semua orang beralih ke uang kripto.

  1. Harga satu keping bitcoin mencapai Rp82 juta

Masuk akhir bulan Oktober 2017, harga satu keping bitcoin mencapai Rp82 juta lebih atau senilai US$6.100 AS dengan kurs rupiah masih stabil yakni Rp13.500,00.

Penyebab kenaikan mata uang virtual ini tidak lain dikarenakan permintaan bitcoin yang tinggi. Permintaan tersebut didasarkan oleh munculnya mata uang turunan bitcoin bernama bitcoin gold. Selain itu, isu mengenai China yang bakal mencabut kembali larangan penggunaan bitcoin makin membuat aktivitas digital ini kian liar dan tampak signifikan.

  1. Mei lalu harga bitcoin mencapai 25 juta rupiah

Sebelum melesat naik ke angka Rp82 juta, harga per keping bitcoin awal mulanya masih berkisar di antara Rp25 juta lebih. Kenaikan tersebut juga masih sama, yakni permintaan bitcoin oleh pemain semakin tinggi. Terutama oleh sejumlah perusahaan yang menggunakan transaksi bitcoin melalui blockchain. Teknologi ini memang didanai oleh perusahaan lama maupun startup yang mampu membaca peluang besarnya dampak dari gerakan uang virtual ini. Negara seperti Jepang yang melegalkan transaksi menggunakan bitcoin juga kian menambah faktor melejitnya harga bitcoin secara cepat.

  1. Akhir November 2017 menyentuh angka Rp130 juta

Akhir November kemarin, harga per keping bitcoin meroket naik sampai Rp130 juta. Rekor ini belum menjadi rekor tertinggi karena diprediksi masih bisa naik lebih tinggi lagi. kenaikan ini disebabkan oleh keinginan para investor yang tengah merancang sebuah acara liburan di Amerika Serikat, sehingga anggota pengguna uang virtual ini bertambah sampai 100 ribu orang.

  1. Awal Desember dibuka dengan harga bitcoin sampai Rp158 juta

Rekor ini merupakan titik tertinggi sepanjang sejarah karena mampu mencapai Rp158 juta dengan nilai dollar US$10 ribu lebih. Malah sebelumnya, angka tersebut hampir menyentuh US$11 ribu, tetapi gagal dan bertahan sampai US$10 ribu saja. Kenaikan ini dipicu oleh para pengguna uang bitcoin yang bermain spekulatif sehingga cenderung melakukan penjualan secara besar-besaran sesuai dengan prediksi angka kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *