Jenis – Jenis Klasifikasi Makhluk Hidup Dan Contohnya

Klasifikasi makhluk hidup dan contohnya, memang menjadikan dalam pengelompokan antar makhluk hidup bisa mudah untuk dipahami. Seperti yang kita ketahui bersama jika makhluk hidup itu dibagi menjadi banyak jenis, dan analisa menurut dari fungsi dan kehidupan serta kadar sel pada dirinya. Sehingga antar satu makhluk hidup tentu berbeda klasifikasinya, meskipun sama-sama makhluk hidup.

Makhluk hidup pada hakekatnya tidak hanya tumbuhan dan hewan saja. Melainkan ada pula jenis makhluk hidup yang tidak bisa kasat mata dan hanya bisa menggunakan alat khusus untuk melihatnya. Inilah mengapa sama-sama makhluk hidup namun berbeda klasifikasi nya, dikarenakan adanya perbedaan kehidupan dan sel yang ada pada diri makhluk hidup tersebut.

4 Klasifikasi makhluk hidup dan contohnya

1. Tumbuhan atau kingdom plantae

Klasifikasi makhluk hidup kingdom plantae ini termasuk jenis klasifikasi makhluk hidup yang bisa melakukan fotosintesis. Sehingga memang akan lebih menjurus kepada tumbuhan, dan selain tumbuhan maka akan sangat sulit untuk melakukan fotosintesis. Dan kingdom plantae ini memiliki sel tubuh yang sangat banyak. Dan tentunya ini berbeda jika dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya.

Adapun fotosintesis inilah yang memberikan kehidupan kepada makhluk hidup tumbuhan ini. Fotosintesis seolah menjadi bagian dalam mengkonsumsi sebuah makanan, sehingga tumbuhan pun bisa berkembang dan hidup. Apabila sebuah tumbuhan tidak bisa fotosintesis, maka dipastikan akan mati dan layu serta tidak bisa berkembang dengan baik.

Jenis kelompok kingdom plantae ada beberapa macam yaitu tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji.

2. Hewan atau kingdom animalia

Hewan menjadi bagian kelompok makhluk hidup yang tentunya sangat berbeda dengan kingdom plantae. Jika tumbuhan atau kingdom plantae ini memiliki dinding sel pada dirinya, namun pada kingdom animalia atau hewan ini tidak memiliki dinding sel. Memang sama-sama makhluk hidup namun dibedakan atas dasar sel yang ada pada diri, karena tentu akan berbeda cara kehidupannya.

Jika tumbuhan hidup dengan fotosintesis, sedangkan hewan hidup dengan cara memakan makhluk hidup lainnya. Hewan ini tidak bisa melakukan fotosintesis, namun dapat menyerap hasil dari fotosintesis yang dilakukan tumbuhan yaitu berupa oksigen. Sehingga memang cara mempertahankan hidup antara tumbuhan dengan hewan sangatlah berbeda.

Adapun kingdom animalia atau hewan ini dikelompokkan lagi menjadi 2 bagian, yaitu hewan tak bertulang belakang (cacing, hewan berpori, dan hewan berongga) dan hewan bertulang belakang (mammalia, reptilia, amphibia, aves, pisces).

3. Kingdom monera

Jenis dan kelompok dari kingdom monera ini sangatlah dekat dengan kehidupan makhluk hidup lainnya. Dan bisa dibilang jika kingdom monera ini menggantungkan hidup nya dari aktifitas yang dilakukan oleh kingdom lainnya. Karena sifatnya yang memanfaatkan sisa aktifitas kehidupan dari makhluk hidup lainnya.

Kingdom monera ini termasuk golongan makhluk hidup yang hanya bisa dilihat dengan menggunakan alat khusus yaitu mikroskop. Tentu sangat sulit dalam melihat dan memahami pergerakan aktifitas kehidupan dari kingdom monera ini. Oleh karena itu, dikategorikan sebagai kingdom yang tidak memiliki membrane inti.

Adapun cara dalam melangsungkan kehidupannya, yaitu dengan membelah diri. Sehingga akan cepat dalam pertumbuhannya, adapun contoh dari kingdom monera ini yaitu alga biru dan juga bakteri.

4. Kingdom protista

Jenis kelompok kingdom protista ini memiliki perbedaan dengan kingdom monera. Jika kingdom monera tidak memiliki membrane, sedangkan kingdom protista ini memiliki membrane inti. Sehingga ada yang bisa dilihat oleh mata dan adapun seperti hal nya monera yang tidak bisa dilihat oleh mata, namun bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop.

Adapun contoh dari kingdom protista ini yaitu alga, alga hijau, alga cokelat, alga merah, dan alga pirang. Masih ada banyak lagi kingdom yang tersebar di berbagai tempat, dan jenisnya ada pula yang jenis baru dan belum ada satu pun di dunia. Bisa anda saksikan di laman https://mesinmilenial.com.