kucing tidak mau makan

Kucing Tidak Mau Makan

Kucing tidak mau makan menjadi satu permasalahan bagi pemelihara kucing. Penyebab kucing tidak mau makan memang sedikit sulit untuk diketahui. Berbeda dengan manusia, jika tidak mau makan maka orang tersebut bisa menjelaskan alasannya kenapa tidak mau makan. Nah, kalau kucing mereka tidak dapatĀ  berbicara dengan bahasa manusia bukan?

Sedangkan kucing juga berbeda dengan hewan peliharaan lainnya. Apabila kucing tersebut tidak mau makan, maka akan lebih rentan terkena penyakit. Oleh sebab itu, Anda harus lebih memperhatikan kucing peliharaannya mau makan dan sehat. Tentunya kita akan merasa senang, jika kucing peliharaan kita sehat dan aktif.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Berikut ini ada beberapa penyebab kucing peliharaan Anda tidak mau makan, mungkin ada sesuatu yang sedang dirasakan oleh kucing tersebut:

1. Makanan

Kita perhatikan dengan makanan yang diberikan, apakah itu- itu saja. Jika iya mungkin kucing tidak mau makan karena bosan dengan jenis makanannya. Selain itu, saat memberikan makanan kucing harus sehat dan juga higienis agar kucing tidak keracunan.

2. Penyakit Mulut

Ketika kucing sedang tidak sehat, atau mengalami rasa sakit pada mulut maka kucing tersebut juga akan malas makan.

3. Nafsu Makan

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan vitamin. Namun kucing pun sama jika terlihat tidak suka makan, sebaiknya Anda memberikan vitamin untuk menambah nafsu makan pada kucing tersebut.

4. Stress

Coba Anda lebih diperhatikan lagi, apa yang membuat kucingmu mengalami stress. Ada 2 faktor yang menyebabkan kucing stress yaitu faktor tekanan dan lingkungan. Misalnya saja, Anda baru saja mengadopsi kucing tersebut, maka hal itu wajar jika kucing mengalami stress. Karena kucing tersebut masih beradaptasi dengan lingkungan.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Anda tidak mau kan, jika hewan peliharaan yang ada di rumah tidak mau makan? Oleh karena itu kita harus bisa mengatasinya agar kucing yang kita pelihara tidak sakit.

Berikut ini beberapa cara mengatasi kucing tidak mau makan:

1. Berikan Variasi Makanan

Apabila kucing makan dengan menu itu- itu saja, maka ia akan merasa bosan dan malas untuk makan. Untuk menghindari hal itu terjadi, sebaiknya Anda memberikan varian makanan yang bermacam- macam. Dengan begitu, maka kucing Anda akan memiliki selera untuk makan.

2. Berikan Tempat Yang Nyaman

Buatlah lingkungan yang nyaman untuk si kucing, khususnya kucing yang baru saja di adopsi karena ia akan mengalami tertekan dan membutuhkan waktu untuk adaptasi jika tinggal di lingkungan yang masih asing.

Sebisa mungkin, jauhkan kucing tersebut dari kucing yang nakal, karena akan mengganggu proses adaptasi. Jika kucing sudah merasa nyaman, berikan makan secara teratur.

3. Berikan Vitamin

untuk menjaga kucing tetap sehat dan untuk menambah nafsu makan pada kucing, sebaiknya berikan vitamin B komplek dan lysn (asam amino ysin), Anda dapat membelinya di Apotek terdekat seperti Biolysin, Becombion, Lysmin dan takaranya sama seperti untuk anak- anak.