Makanan untuk Penderita Leukimia

Makanan untuk Penderita Leukimia

Saat Anda dalam menderita Leukimia, asupan nutrisi merupakan bagian penting yang harus Anda perhatikan saat menjalani pengobatan kanker. Konsumsi makanan sehat selama pengobatan dan setelah kemoterapi dapat membantu Anda merasa lebih baik, menjaga tenaga Anda, dan mempercepat proses penyembuhan.

Berikut ini daftar makanan sehat untuk penderita leukimia yang sebaiknya dikonsumsi untuk membantu proses pengobatan Anda. Simak penjelasannya dibawah ini:

Makanan untuk Penderita Leukimia

1. Buah-buahan

Konsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan yang dapat memerangi pertumbuhan sel-sel kanker. Para ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi 10 jenis buah setiap harinya seperti buah jeruk, buah tomat, buah mangga, buah bidara dll.

Buah bidara memiliki kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan fitokimia yang baik untuk melawan kanker, khususnya Leukimia. Mengutip Manfaat.PRO, ekstrak air dari buah biadara dapat menekan perkembangan sel-sel kanker dan tumor serta mencegahnya menyebar ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, jangan lewatkan konsumsi buah bidara di sela-sela pengobatan yang Anda jalani.

2. Sayur-sayuran yang Dikukus

Mengukus sayuran merupakan salah satu cara untuk meng-ekstrak nutrisi yang di dalamnya. Cobalah konsumsi salad sayuran kukus seperti Jamur-jamuran, brokoli, wortel, kembang kol atau membuat sup sayur dengan bayam, kale, sawi dan lobak juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

3. Protein

Efek samping kemoteraphi dapat menyebabkan mual dan muntah yang dapat menghilang nafsu makan Anda. Namun, Anda harus tetap mengonsumsi makanan khususnya Protein. Protein sangat penting untuk penderita Leukimia karena dapat memberikan kekuatan pada tubuh setelah menjalani kemoterapi.

Selain itu, protein dapat membantu proses pemulihan sel-sel tubuh dan jaringan otot yang rusak serta membantu menguatkan sistem imun tubuh Anda sehingga mempercepat proses pemulihan setelah menjalani kemoterapi. Oleh karena itu, konsumsi makanan-makanan sumber protein seperti:

  • Daging Ayam
  • Daging Sapi
  • Ikan
  • Telur
  • Susu Rendah Lemak
  • Yogurt
  • Keju
  • Kacang Tanah
  • Kacang Kedelai

4. Yogurt

Yogurt selain memberikan Anda asupan protein, juga dapat menjaga keseimbangan bakteri baik di perut Anda. Menjaga keseimbangan bakteri baik atau yang bernama Probiotiks dapat membantu tubuh Anda mencerna makanan lebih baik, untuk itu konsumsi Yogurt dan Kefir dapat membantu keseimbangan bakteri di perut Anda dan menghindarkan Anda dari masalah pencernaan.

5. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks merupakan sumber karbohidrat dan serat yang dapat menjaga level energi tubuh Anda, selain itu karbohidrat kompleks memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk membantu proses pengobatan kanker.  Sebagai informasi, gula merupakan asupan makanan sel-sel kanker, oleh karena itu sebaiknya hindari konsumsi makanan tinggi gula bagi penderita kanker.

konsumsi karbohidrat kompleks seperti:

  • Oatmeal
  • Nasi Merah
  • Nasi Coklat
  • Roti Coklat

6. Kunyit

Mengutip Webmd, kandungan Kurkumin dalam kunyit efektif dalam memerangi sel-sel kanker dan mencegah penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh Anda.

Selain itu, ekstrak kunyit dapat meningkatkan efektifitas pengobatan kanker dengan cara meningkatkan sensitifitas sel-sel kanker dalam menerima pengobatan dan meningkatkan membantu tubuh Anda dalam merespon pengobatan kemoterapi.

7. Makan setiap Dua Jam

Penderita Leukimia cenderung mengalami penurunan berat badan secara drasti yang disebabkan oleh efek samping kemoterapi yang menyebabkan nafsu makan hilang dan muntah-muntah ketika menerima asupan makanan. Namun, Anda harus memaksakan diri Anda untuk mengonsumsi makanan untuk menjaga level energi tubuh Anda.

Makanlah dalam jumlah kecil namun sering tiap dua jam sekali, hal ini akan membantu Anda daripada mengonsumsi makanan dalam porsi besar namun selalu muntah.