manfaat ikan bagi ibu hamil

Manfaat Ikan Bagi Ibu Hamil

 

Bagi ibu hamil, konsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang merupakan satu keharusan. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil juga turut mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Oleh karenanya, ibu harus mengetahui makanan yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

Salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil adalah ikan. Konsumsi ikan merupakan hal yang sangat bagi ibu hamil. Manfaat ikan tidak terlepas dari kandungan nutrisi dan vitamin yang baik bagi kehamilan, seperti:

  • Asam lemak Omega 3
  • DHA
  • Kalori
  • Asam Folat
  • Protein
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado mengungkapkan fakta kandungan asam lemak omega-3 pada ikanĀ  dapat meningkatkan kesuburan sistem reproduksi wanita.Selain itu, kandungan protein dan vitamin juga penting bagi kesehatan jantung. Secara khusus, beberapa manfaat konsumsi ikan bagi kesuburan dan kehamilan adalah :

Manfaat Makan Ikan bagi Ibu Hamil

1. Sumber Protein

Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Kandungan nutrisi ini sangat penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Protein dalam ikan membantu pembentukan sel-sel rambut, kulit dan otot serta perkembangan fisik dan mental calon bayi Anda.

2. Pembentukan Otak Bayi

Ikan salmon memiliki kandungan DHA, asam lemak omega 3 yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak janin. Jadi konsumsi ikan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Dalam Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan ibu hamil dan menyusui untuk mengonsumsi dua porsi ikan salmon dalam sepekan demi mendukung kecerdasan anak.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Hal yang umum dihadapi oleh wanita ibu adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Asam Lemak Omega 3 dalam ikan dapat mengontrol tekanan darah Anda tetap normal dam mencegah lonjakan tekanan darah sementara yang umumnya terjadi setelah makan.

4. Mencegah Pembekuan Darah

Ikan memiliki sejumlah nutrisi penting yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah, pembekuan darah dapat membahayakan ibu dan bayi dalam kandungan karena dapat mengurangi kadar lemak darah, bahkan dapat menyebabkan jantung berhenti berdetak.

5. Membantu Perkembangan Saraf Bayi

Kandungan nutrisi dalam ikan merupakan bantuan yang sangat diperlukan ibu hamil untuk mendukung perkembangan sistem saraf bayi. Dalam berbagai penelitian menyebutkan bahwa beragam nutrisi tersebut juga dapat mencegah Autisme.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengonsumsi makanan laut yang tinggi akan asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa ibu hamil yang memenuhi kebutuhan DHA–bentuk lain omega 3– menunjukan memiliki level relaksasi dan kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

7. Mencegah Risiko Preeklampsia

Kekurangan asupan omega-3 saat hamil dapat meningkatkan risiko Preeklampsia, yakni kondisi dimana tinggi konsentrasi protein pada urin dan menyebabkan lonjakan tekanan darah. Hal ini tentu saja berbahaya bagi keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memenuhi kebutuhan asupan omega 3 dengan mengonsumsi ikan dua kali dalam sepekan selama kehamilan.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Rutin mengonsumsi ikan dapat menjaga kesehatan mata ibu hamil dan meningkatkan pertumbuhan organ mata pada bayi dalam kandungan.

Kekurangan asam lemak omega 3 selama kehamilan akan berdampak negatif pada perkembangan mata janin. Child and Family Research Institute menyarankan ibu hamil membutuhkan protein hewani yang seimbang antara daging merah dan ikan untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan.

9. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Kandungan asam lemak omega 3 dan DHA disebut-sebut dapat meningkatkan kemampuan memori dan aktivitias otak bayi. Bagi ibu yang memenuhi kebutuhan nutrisi dari ikan ini, umumnya memiliki bayi dengan kecerdasan yang tinggi.

10. Mencegah Perubahan Mood

Kandungan asam lemak omega 3 juga dapat mengatasi masalah perubahan mood pada ibu hamil. Perubahan hormon pada ibu hamil menyebabkan perubahan mood yang signifikan, nutrisi dalam ikan dapat menurunkan gejala tersebut dengan bekerja sebagai penenang saraf ibu hamil.

Namun, Ibu hamil perlu memperhatikan jenis ikan yang dikonsumsi, hal ini dikarenakan beberapa ikan diketahui mengandung kadar merkuri yang tinggi dan merupakan pantangan selama masa kehamilan karena bersifat racun bagi tubuh. Sebaiknya hindari konsumsi ikan :

  • Ikan Hiu
  • Ikan Todak
  • Ikan Kerapu
  • Ikan Tenggiri
  • Ikan Marlin