Manfaat Kismis untuk Kesehatan

Manfaat Kismis

Kismis merupakan panganan dari buah anggur yang dikeringkan. Karena proses pengolahan tampilan kismis buah anggur mengalami penyusutan dan keriput, meski demikian kismis memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Apa saja manfaat kismis untuk kesehatan?.

Dibalik tampilannya yang kecil, kismis memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang dapat dikatakan lengkap untuk menjaga fungsi organ tubuh tetap otpimal. Dalam 1,5 ons kismis terdapat kandungan vitamin dan mineral seperti:

Kandungan Nutrisi Kismis

  • Kalori 129
  • Protein 1,3 gram
  • Serat 1,6 gram
  • Kalsium 22 miligram
  • Zat besi 0,8 miligram
  • Potassium 322 miligram
  • Sodium 5 miligram
  • Vitamin C 1 miligram
  • Asam Folat 2 Microgram

Dengan kandungan nutrisi diatas, sudah barang tentu kismis memiliki manfaat bagi tubuh Anda, simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat Kismis untuk Kesehatan

1. Melancarkan Buang Air Besar

Pergerakan perut yang lancar merupakan salah satu tanda bahwa kesehatan Anda dalam kondisi yang baik. Makanan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu melancarkan pergerakan perut Anda.

Konsumsi kismis merupakan salah satu cara untuk melancarkan buang air besar, kismis dapat membantu pergerakan makanan pada usus dan juga mengurangi zat racun cairan empedu yang dapat meningkatkan risiko kanker perut.

2. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam kismis dapat menurunkan risiko dari beragam jenis kanker dan tumor. Komponen dalam panganan manis ini dapat membunuh sel kanker dan mencegahnya menyebar ke seluruh tubuh.

Kandungan Phenol dalam kismis dapat mencegah pertumbuhan sel kanker perut. Oleh karena itu, ada baiknya konsumsi kismis untuk menghindari risiko kanker.

3. Mencegah Anemia

Kondisi darah Anda akan mempengaruhi kesehatan dari seluruh organ tubuh Anda. Darah berperan dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dan sel-sel tubuh Anda.

Kekurangan Zat Besi dan vitamin B dapat menyebabkan gangguan anemia yang mengganggu sirkulasi darah ke seluruh sel dan jaringan otot Anda. Konsumsi kismis dapat mencegah anemia karena kandungan zat besi dan vitamin B komplek yang dimilikinya dapat membantu pembentukan sel darah merah.

Buah kering ini direkomendasikan untuk mereka yang mengalami darah rendah dan anemia.

4. Meningkatkan Kesuburan

Konsumsi kismis merupakan salah satu cara menyuburkan kandungan. Bagi wanita yang sedang dalam program hamil, kandungan zat besi dalam kismis dapat mengatasi masalah kesuburan dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan Anda.

Mengutip hasil penelitian klinis dari Trimester123.com menemukan bahwa wanita yang memenuhi kebutuhan zat besi setiap hari umumnya memiliki risiko kemandulan 40 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak memenuhi kebutuhan zat besi harian mereka.

Oleh karena itu, konsumsi kismis bila Anda sedang dalam program hamil.

5. Mencegah Osteoporosis

Saat berolahraga, kebanyakan orang lebih fokus untuk mengonsumsi lebih banyak protein untuk meningkatkan massa otot. Hal yang dilupakan Anda tulang Anda juga memerlukan asupan kalsium untuk menjaga kepadatannya.

Tulang membutuhkan kalsium untuk menjaga kepadatan dan kekuatan. Selain produk susu, kismis juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Bahkan lebih dari itu, kandungan mikro nutrisi Boron dalam buah kering ini dapat meningkatkan penyerapan kalsium oleh tulang.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

KOnsumsi kismis juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan Fito Kimia yang disebut Asam Oleanolik memiliki peran sebagai antibakteri, yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dan tanggal. Jadi ketika mengonsumsi kismis, kunyah secara perlahan untuk membunuh bakteri di mulut Anda.

7. Mengontrol Berat Badan

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, konsumsi kismis dapat membantu Anda mencapai berat badan yang ideal. Kandungan serat dalam kismis dapat membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga mengurangi porsi dan frekuensi makan Anda.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu cara menghindari penyakit jantung adalah menurunkan kadar kolesterol tubuh Anda, untuk menurunkan kadar kolesterol Anda bisa mengonsumsi kismis.

Kismis memiliki kandungan nutrisi yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan Trigliserida dalam darah Anda, hal ini tentu saja baik untuk kesehatan jantung Anda. Selain itu, kandungan potassium dalam kismis juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.