Manfaat Kolang Kaling

Kolang kaling atau nama lain dari buah atap ialah makanan kenyal yang berwarna putih/transparan, berbentuk lonjong. Manfaat kolang kaling untuk kesehatan salah satunya yaitu sebagai obat penyakit sendi. Kolang kaling banyak dijumpai terutama pada saat bulan Ramadhan. Buah ini sering dijadikan pilihan menu untuk berbuka puasa. Disajikan sebagai campuran es buah, kolak, dan sebagainya.

Kolang kaling ternyata memerlukan waktu yang panjang untuk bisa menjadi makanan untuk dikonsumsi, dan dijual di pasaran. Harus dipilih mana yang memiliki kualitas yang bagus, kemudian direbus untuk menghilangkan getah agar tidak menimbulkan rasa gatal pada saat dimakan. Kemudian barulah kulitnya dipisahkan dari daging buahnya, digepengkan, dan difermentasi.

  • Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Kolang Kaling
  1. Protasium, iron, kalsium: memperlancar proses metabolisme, dan dapat membuat tubuh menjadi lebih segar.
  2. Karbohidrat: memberikan rasa kenyang.
  3. Serat: melancarkan pencernaan.
  4. Vitamin A, B, B1 & 2, C: mencukupi kebutuhan harian anda.

 

Brikut Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Memperkuat tulang

Kolang kaling dianggap sebagai alternatif yang baik sebagai sumber kalsium untuk memperkuat tulang selain biasanya bisa didapat dari susu.

  1. Menu makanan diet

Manfaat kolang kaling untuk diet ialah dapat menghilangkan nafsu makan yang berlebihan, membuat tubuh menjadi segar karena kadar airnya yang tinggi, dan dapat mengenyangkan yang ditimbulkan oleh kandungan gelatinnya.

  1. Obat radang sendi

Manfaat kolang kaling untuk radang sendi bisa didapatkan dari zat galaktomanan nya yang dapat meminimalisir penyakit pada radang sendi.

  1. Melancarkan pencernaan

Jika pencernaan lancar, buang air besar pun akan lebih teratur, sehingga kita juga bisa terhindar dari obesitas.

  1. Mengatasi sakit perut

Konsumsilah kolang kolang ketika cuaca sedang panas. Maka tubuh akan kembali terhidrasi, dan dapat mengatasi mineral yang sudah hilang.

  1. Mengobati gatal-gatal

Getah yang ada pada kolang kaling dapat mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga, akibat terkena bakteri, maupun kuman. Caranya dengan mengoleskan getah tersebut pada bagian tubuh yang mengalami gatal-gatal.

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat kolang kaling untuk penderita diabetes yaitu, kandungan kalorinya yang rendah, serta kaya akan serat sehingga gula darah tidak naik secara cepat. Sebaiknya untuk para penderita diabetes mengkonsumsi kolang kaling menggunakan gula atau sirup yang kalorinya rendah.

  1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Protein yang terdapat pada kolang kaling, dipercaya dapat membantu dalam proses penyembuhan untuk luka.

  1. Mendukung pertumbuhan tulang

Kolang kaling sangat cocok untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Karena kandungan kalsium yang terdapat pada kolang kaling dapat bekerja dan membantu untuk pertumbuhan tulang mereka.

  1. Mengobati sakit pinggang

Cobalah untuk rutin mengkonsumsi kolang kaling. Minimal 100 gram setiap harinya. Maka resiko sakit pinggang akan berkurang.

  1. Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium yang terdapat dalam kolang kaling dapat memperkuat tulang. Kolang kaling bisa menjadi pilihan makanan pendamping agar kalsiumnya dapat bekerja secara efektif.

  1. Meningkatkan energi

Karbohidrat di dalam kolang kaling bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Terutama untuk menggerakkan tulang. Dan anda pun menjadi tidak gampang lelah.

  1. Membentuk tulang bayi

Manfaat kolang kaling bagi ibu menyusui dan ibu hamil ialah, kalsium yang terdapat dalam buah tersebut dapat memberikan dampak yang positif untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada si bayi. Disarankan ibu hamil dan menyusui dapat mengkonsumsi buah ini secara rutin.

  1. Mengatasi asam urat

Manfaat kolang kaling untuk asam urat yaitu dapat menjaga persendian, mencegah terjadinya peradangan akibat adanya pembengkakan pada sendi, dan juga dapat mengurangi zat purin.

  1. Mengatasi hipertensi

Manfaat kolang kaling untuk darah tinggi yaitu, dapat menstabilkan tekanan darah, serta melancarkan peredaran darah jika dikonsumsi secara teratur.

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, ternyata banyak sekali manfaat kolang kaling yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh. Melalui proses yang panjang tersebut, kolang kaling dapat dikonsumsi baik sebagai sumber makanan, maupunĀ  sebagai alternatif pengobatan secara alami yang sangat efektif bila dikonsumsi secara teratur.