Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan larutan hasil pencampuran kacang kedelai dan air, yang hasilnya adalah manfaat susu kedelai mirip dengan kandungan susu sapi. Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan untuk mengonsumsi susu kedelan 2-3 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan gizi seperti protein dan karbohidrat.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Susu Kedelai

  1. Kalori

Di dalam segelas susu kedelai, ada nutrien penyusun kalori yang diantaranya 8 gram karbohidrat dan 7 gram protein. Karbohidrat jelas sebagai sumber energi bagi tubuh, membangun sel, juga otot. Mengonsumsi segelas susu kedelai sama dengan pemenuhan 3% angka kebutuhan harian. Sementara tiga gelas susu kedelai dapat memnuhi kebutuhan protein.

  1. Lemak

Ada sekitar 4 gram lemak dalam segelas susu kedelai, yang 0.5 diantaranya adalah lemak jenuh, tapi bersifat non-trans dan bukan lemak kolesterol. Sehingga, susu kedelai adalah pilihan tepat bagi mereka yang det dengan membatasi konsumsi lemak. Meski berlemak, namun susu kedalai tidak menimbulkan risiko kolesterol jahat yang mengancam kesehatan tubuh.

  1. Riboflavin

Per sajian susu kedelai atau setara dengan segelas, ada kandungan riboflavin sebanyak 0.5 miligram yang menurut USDA, sangat disarankan sebagai konsumsi harian. Nama lain dari vitamin B ni mampu mengubah makanan menjadi energi, juga berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dan organ pada tubuh.

  1. Gula

Susu kedelai juga mengandung gula berua sukrosa yang jumlahnya sekitar 1.2 gram per seajian. Karena sukrosa, jadi tidak perlu khawatir akan kenaikan gula darah. Susu kedelai dengan jumlah gula tersebut dikategorikan sebagai susu rendah gula.

Berikut Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dari Ensiklonesia.com

  1. Sumber protein untuk ASI

Protein dalam kedelai adalah tipe protein yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dengan manfaat kesehatannya. Susu kedelai sebagai salah satu produknya adalah minuman yang juga mengandung aam amino, kalsium, zat besi dan serat. Terutama asam amino, kandungan ini adalah manfaat susu kedelai untuk ASI yang bergizi bagi bayi.

  1. Mengobati asam lambung

Ada beberapa ahli gizi yang menyarankan bagi mereka yang menderita asam lambung, sebaiknya mengonsumsi susu kedelai daripada susu hewani. Namun, konsumsinya dibatasi hanya sekitar dua hingga tiga gelas dalam sehari. Minum susu kedelai dalam jumlah banyak malah akan meningkatkan asam dalam lambung.

Seseorang yang menderita asam lambung bisa saja meminum susu kedelai karena ada manfaat susu kedelai untuk asam lambung. Kandungan antasidanya mampu menghilangkan rasa sakit karena asam lambung. Namun, penderita tetap harus menghindari makanan tertentu seperti makanan mengandung kafein tinggi; kopi, teh dan cokelat.

  1. Susu untuk pendeita diabetes

Jika anda adalah orang dengan penyakit diabetes, maka sudah seharusnya anda menjaga makanan yang dikonsumsi seperti makanan dengan rendah gula. Susu kedelai adalah susu yang tidak menggunakan pemanis, bisa dijadikan rekomendasi bagi penderita diabetes untuk tetap meminum susu tanpa harus ketakutan ledakan jumlah gula dalam darah.

Terlebih jika anda adalah penderita diabetes yang juga intoleran terhadap laktosa. Manfaat susu kedelai untuk diabetes adalah menyediakan susu dengan bebas gula dan laktosa, namun tetap tinggi proteinm kalsium dan vitamin. Sehingga, penderita diabetes mampu terhindari dari risiko atherosclerosis.

  1. Darah tinggi

Para peneliti menduga bahwa kandungan serat yang ada pada susu kedelai memainkan peran penting untuk mencegah penggumpalan pada arteri. Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi susu kedelai dapat menurunkan tekanan darah sehingga inilah yang menjadi manfaat susu kedelai untuk darah tinggi.

Kandungan isoflavones pada susu kedelai dna produk kedelai lainnya diketahui mampu meningkatkan kinerja enzim sehingga arteri terbuka dengan lebar, sehingga tekanan darah lebih rendah. Segelas susu kedelai bisa ditambahkan dalam menu makanan sebagai pencegahan darah tinggi terutama bagi mereka yang memiliki genetik terhadap penyakit ini.

Jika anda bertanya apakah manfaat susu kedelai untuk darah rendah? Sebaiknya anda tidak terlalu berlebihan mengkonsumsinya jika anda memiliki darah rendah. Yang ada, tekanan darah anda malah lebih rendah, sehingga merugikan kesehatan anda secara keseluruhan.

  1. Mempercepat gerak lipid dalam darah

Manfaat susu kedelai yang paling penting ialah kemampuannya untuk mempercepat gerak lipid dalam darah. Susu ini adalah susu tanpa lemak jenuh dan juga nol kolesterol. Asam lemak dalam kedelai dapat mencegah timbulnya kolesterol dalam darah.

Studi telah menunjukkan abhwa konsumsi susu kedelai secara teratur mampu menurunkan konsentrasi trigliserida secara signifikan, menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan level kolesterol baik (HDL). Kombinasi yang baik ini menguntungkan bagi mereka yang mendapatkan penyakit jantung atau darah tinggi dari keturunan.

  1. Memperkuat pembuluh darah

Kandungan omega 3 dan omega 6 dan juga fito-antioksidan dalam susu kedelai secara efektif mampu melindungi pembuluh darah dari lesi atau risiko ambeien. Komposisi ini mengikat pembuluh darah ketika ada serangan radikal bebas dan kelebihan kolesterol. Aktivitas pengikatan ini membantu fleksibiltas darah dan cairan tubuh yang mengalir dalam pembuluh.

Susu kedelai adalah solusi yang baik bagi mereka yang menginginkan susu tetapi intoleran laktosa. Manfaat susu kedelai begitu banyak, selain harganya yang murah dan juga mudah didapat. Sebaiknya, susu ini dijadikan menu harian untuk anda.