Menu Makanan Bayi 6 Bulan Buatan Sendiri

Menu Makanan Bayi 6 Bulan Buatan Sendiri

Apabila Anda adalah seorang Ibu yang memiliki bayi usia sekitar 6 bulan yang mulai makan untuk pertama kalinya, Anda bisa membuat menu makan bayi 6 bulan buatan sendiri. Selain Anda tahu bahan-bahannya apa, Anda pun juga dapat menjamin kesehatan menu makan bayi Anda. sebab Anda sendiri yang memilih bahan makanan Si buah hati dan Anda sendiri yang memasaknya.

Ada banyak sekali makanan bayi usia 6 bulan yang di jual di supermarket dan kebanyakan memang berbentuk instan. Jika Anda ingin bayi Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan benar-benar bernutrisi tinggi, membuat sendiri makanannya memang lebih baik dibanding dengan makanan yang siap dibuat. Lantas bagaimana caranya ?

Karena ini baru awal pengenalan jenis makanan bagi bayi dan ini pertama kalinya bagi Anda, Anda bisa mencari tahu jenis makanan apa saja yang cocok untuk dikonsumsi oleh bayi diawal mula Dia makan dari berbagai sumber. Kalau tidak, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Anda terkait dengan makanan yang cocok untuk bayi usia 6 bulan pertama.

Ingat makanan bayi untuk usia 6 bulan itu harus ringan dan tidak boleh terlalu berat. Sebab ini awal pertama kalinya Dia mulai makan makanan pendamping setelah Asi. Makanan yang Anda buat nantinya harus memiliki kandungan gizi dan vitamin yang seimbang. Anda juga bisa menggunakan vitamin penambah nafsu makan anak sebagai utama menambah gizi kesehatan anak.

Macam Menu Makanan Bayi 6 Bulan Buatan Sendiri

  1. Jus Wortel

Menu yang pertama yang dapat Anda buat sendiri untuk bayi usia 6 bulan ialah jus wortel. Wortel merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A yang baik sekali bagi pemeliharaan mata. Selain itu ketika membuat jus wortel, saring terlebih dahulu ampas wortelnya dan berikan air wortel yang sudah dijus tadi. Selain segar jus wortel sangat sehat bagi tubuh dan cocok diberikan pada buah hati.

  1. Bubur Buah

Makanan bayi yang bisa Anda buat sendiri selanjutnya ialah bubur buah. Bubur buah yang bisa Anda buat diantaranya buah alpukat, pisang, pepaya, pir dan lain sebagainya yang mempunyai tekstur lembut dan yang pasti nyaman diperut bayi. Memberikan bubur buah sebagai makanan bayi usia 6 bulan secara tidak langsung mengajarkan anak untuk mengenal rasa buah-buahan.

  1. Bubur Campur Team

Makanan selanjutnya yang bisa Anda buat sendiri untuk Si kecil ialah bubur campur team. Bubur campur team dibuat dari campuran nasi, sayur bayam, wortel, dan hati ayam. Kandungan semua bahan tersebut memiliki kandungan gizi dan vitamin yang cocok untuk bayi yang baru mengenal makanan. Anda bisa menambahkan susu putih sebagai campuran dalam membuat bubur campur team.