Gambar Mencegah Kanker Serviks

Pencegahan Kanker Serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker yang sangat rentan terkena pada wanita berbagai usia. Kanker ini menyerang leher rahim yang merupakan pintu dari rahim dan vagina di area kewanitaan.Tidak heran jika akhirnya banyak yang takut terserang kanker yang satu ini.

Gambar Mencegah Kanker Serviks
Gambar Mencegah Kanker Serviks

Sebenarnya tentu saja ada cara pencegahan kanker serviks yang dapat Anda lakukan sejak dini, namun sebelumnya Anda harus faham terlebih dahulu gejala kanker serviks dan penyebab terjadinya kanker serviks pada tubuh Anda.

Mengetahui Gejala, Penyebab, Dan Pencegahan Kanker Serviks Lebih Awal

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang pencegahan kanker serviks, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang gejala yang muncul jika Anda terkena kanker serviks ini.Biasanya gejala utama yang muncul adalah terdapat pendarahan pada vagina anda.

Bahkan pendarahan ini biasanya terjadi di luar jadwal menstruasi, atau setelah Anda melakukan hubungan intim. Selain itu pada vagina Anda akan keluar cairan yang berbau kurang sedap dengan rasa nyeri yang terkadang muncul ketika sedang melakukan hubungan intim.

Tentu saja Anda harus segera memeriksakan kesehatan Anda apabila mendapatkan gejala tersebut.

Penyebab dari munculnya kanker serviks ini juga bermacam-macam.Namun penyebab yang paling utama adalah Anda terkena virus HPV yang masuk karena terlalu sering berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan intim secara bebas.

Cairan secara langsung yang masuk ke dalam tubuh dalam aktivitas seks atau seks oral itulah yang membuat kemungkinan muncul kanker serviks pada tubuh sangatlah besar.

Selain itu penyebab seperti merokok dan tidak menjaga imun atau sistem kekebalan dalam tubuh tentu membuat resiko tersebut menjadi dua kali lipat dapat menyerang tubuh Anda.

Tentu saja meskipun kanker serviks termasuk mudah menyerang setiap wanita, sebenarnya Anda dapat melakukan pencegahan sedari dini, diantara cara pencegahan kanker serviks adalah sebagai berikut.

  • Tidak melakukan seks bebas, atau berganti-ganti pasangan tentu dapat Anda lakukan dan tanamkan sejak awal. Anda yang sudah memiliki suami juga harus bisa melakukan hubungan intim yang aman dan harus setia pada satu pasangan saja. Pastikan bahwa Anda yang sudah menikah harus selalu melakukan screening rutin yang berguna untuk mencegah masuknya penyakit termasuk virus ke dalam tubuh Anda.

 

  • Anda yang sudah melakukan hubungan intim saat menikah, juga harus melakukan vaksinasi yang disarankan oleh dokter. Lakukan vaksinasi secara rutin untuk meminimalisir masuknya virus HPV ke dalam tubuh Anda.

 

  • Anda juga dapat melakukan pencegahan dengan tidak merokok. Anda harus tahu bahwa zat kimia yang terkandung di dalam rokok sangatlah berbahaya untuk wanita. Zat kimia tersebut dapat mengendap di leher rahim Anda dan akhirnya akan tubuh menjadi penyebab kanker serviks yang tentunya menyerang pada wanita.