Penyakit yang Disebabkan oleh Virus Biologi

Tentunya sudah banyak orang yang sudah mengenal virus dengan juga apa yang dihasilkannya. Selain memberikan kerugian bagi manusia, begitu juga dengan tumbuhan dan hewan karena bisa menyebabkan penyakit yang serius, bahkan bisa kematian. Anda bisa menemukan informasi seputar virus biologi di https://mesinmilenial.com yang disajikan dengan ringkas dan juga jelas.

Hal ini bisa terjadi dimana dan kapan saja ketika anda beraktivitas. Tentu saja akan sangat mengganggu ketika anda mengalami penyakit yang bisa menghambat aktivitas anda, seperti flu dan batuk. Perlu diperhatikan jika hal itu sudah terjadi anda bisa melakukan penanganan dengan istirahat yang cukup dan juga mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi.

Virus Biologi yang Menyebabkan Penyakit

1. AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrom)

Disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeviciency Virus) dimana dapat menyerang kekebalan tubuh dan menular sampai ke kontak cairan, hal ini akan sangat merugikan anda yang sedang berhubungan dengan pasangan , atau pemakaian jarum suntik secara bergantian, dan jug wanita yang sedang mengalami kehamilan. Sampai saat ini belum ada vaksin yang dapat menyembuhkan AIDS.

Gejala pada penyakit ini antara lain selalu berkeringat di malam hari disertai demam, berat badan mengalami penurunan dan juga pembengkakan pada kelenjar tubuh. Seseorang yang terkena virus HIV akan mengalami penurunan pada kekebalan tubuh sehingga penderita akan sulit sembuh. Ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan sedini mungkin sebelum semakin parah.

2. Polio

Penyakit polio disebabkan oleh virus Genus Enterovirus. Virus ini masuk ke dalam ke dalam mulut kemudian menginfeksi saluran pencernaan , kemudian masuk ke darah dan menyerang saraf bagian pusat sehingga penyebabkan kelumpuhan total dalam tubuh. Biasanya polio bisa menular dengan cara kontak langsung antar manusia, dan juga feses yang terkontaminasi dengan virus.

Penyakit ini sangat mudah menyebar, bahkan satu rumah pun bisa terjangkit penyakit ini jika satu orang sudah mengalami polio.orang yang mengalami penyakit ini akan mengalami penurunan kekuatan pada bagian otot sehingga mengakibatkan kelumpuhan, khususnya pada kaki. Semua orang bisa terjangkir penyakit ini, tak terkecuali balita yang memiliki imunitas tubuh rendah dan otot yang belum kuat.

3. Hepatitis

Penyakit yang disebabkan oleh virus biologi selanjutnya adalah hepatitis. Hepatitis dikenal dengan penyakit kuning dimana hati diserang oleh virus. Orang yang mengalami hepatitis akan mengalami gangguan metabolisme tubuh, dan juga komplikasi dengan penyakit lain. Mengkonsumsi obat – obatan juga bisa menjadi penyebab hepatitis. Ada beberapa jenis, yaitu hepatitis A, B, C, non A dan non B.

4. Varisela

Virus ini yang bisa menyebabkan anda mengalami cacar air. Virus ini sudah menempel pada tubuh anda ditandai dengan vesikel pada kulit yang sangat menular. Penyakit ini juga disebut dengan chicken pox. Disebabkan oleh virus herpesvirus varicellae yang dapat dengan cepat menular melalui udara, atau kontak langsung dengan orang yang mengidap varisela. Ada keuntungan dari penyakit ini.

Yaitu dimana cacar hanya dialami oleh anda selama sekali seumur hidup. Biasanya ditemukan oleh orang dewasa dan juga anak – anak. Gejala penyakit yang disebabkan oleh virus biologi ini antara lain lesu, demam, pilek dan juga muncul ruam kemerahan di  tubuh yang berisi cairan.

5. Rabies

Disebabkan oleh virus Rhabdovirus biasa menyerang hewan seperti anjing. Tidak hanya ke manusia saja, tetapi virus ini bisa menyebar hingga ke manusia dan hewan peliharaan anda lainnya. Penyakit ini bisa dengan mudah tertular jika sudah tergigit dan anda tidak melakukan penanganan terhadap lukanya. Dengan begitu virus akan mudah menyebar.