Redmi 5 plus

Perbedaan Xiaomi Redmi 5 Dan Xiaomi Redmi 5 Plus

Tipe dan jenis produk handphone yang sangat bervariasi menjadikan para konsumen kesulitan dalam membedakan. Apalagi ketika spesifikasi dan tampilan yang hampir mirip sehingga konsumen sering kali mengabaikan perbedaan tersebut. Padahal dari perbedaan spesifikasi dan tipe ini bisa menjadikan konsumen mampu memilah secara logis dan rasional dan dapat membandingkan dengan harga.

Salah satu merk handphone yang memiliki tipe dan jenis yang cukup bervariasi yakni Xiaomi. Dalam kurung waktu satu tahun, Xiaomi merilis sekurangnya 2 jenis handphone. Tentunya variasi tersebut di samping memberikan pilihan bagi konsumen juga cukup membuat konsumen kebingungan akan perbedaan spesifikasi dan harga. Padahal kadang jenisnya sama namun berbeda pada tipe saja.

Bulan februari tahun 2018, Xiaomi meluncurkan 2 tipe berbeda dari jenis redmi, yakni xiaomi redmi 5 dan xiaomi redmi 5 plus. Kedua tipe ini memang memiliki jenis dan nama yang hampir sama bahkan tampilan dan spesifikasinya pun akan sulit dibedakan bila konsumen kurang teliti ketika membeli. Oleh karenanya, sebelum konsumen membeli, hendaknya konsumen harus memahami spesifikasinya dahulu.

Untuk memudahkan konsumen memahami perbandingan kedua tipe handphone xiaomi tersebut, terlebih dahulu konsumen perlu mengetahui spesifikasi dasar dari masing-masing tipe. Setelah mengetahui spesifikasi dasar, tentunya konsumen dapat membedakan dan membandingkan lebih lanjut sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman ketika membeli. Spesifikasi lengkapnya bisa dibaca disini.

Spesifikasi dasar xiaomi Redmi 5 dan Xiaomi Redmi plus

Xiaomi redmi 5 dan Redmi 5 plus resmi sebenarnya pertama kali dirilis di Cina akhir tahun 2017 lalu di banderol harga sekitar 800 ribu yuan. Kedua tipe handphone tersebut sebenarnya memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan harga yang relatif sama pula. Belum lagi pada setiap tipe terdiri dari berbagai variasi RAM yang disesuaikan dengan harga. Variasi tersebut memang membuat konsumen bingung.

Xiaomi redmi 5 dan redmi 5 plus hadir dengan 4 warna dasar yakni gold, pink, light blue, dan black. Redmi 5 terdiri dari 3 pilihan RAM dan storage yakni 2 GB RAM/16 GB storage, 3 GB RAM/32 GB storage, 4 GB RAM/32 GB storage dengan masing-masing harga yang berbeda pada setiap kapasitas RAM. Disisi lain, redmi 5 plus hanya ada 2 pilihan yakni RAM 3 GB/32 storage dan RAM 4 GB/32 storage.

Dari segi tampilan kedua jenis redmi tersebut hampir sama yakni mengusung layar full screen dan bagian sudut badan handphone membentuk setegah lingkaran. Full screen membentuk seluruh body bagian depan hampir dipenuhi layar LCD. Redmi 5 memiliki lebar layar 5.7 inci dengan resolusi 720×1440 pixel sedangkan redmi 5 plus dengan layar hampir 6 inci dengan resolusi 1080×2160 pixel.

Selain itu, kedua jenis xiaomi redmi tersebut memiliki ukuran tebal body yang sama-sama tipis atau disebut dengan istilah bazel-less sehingga menambah kesan berkelas dan elegan. Keduanya juga dilengkapi dengan layar gorilla glass yang tahan akan goresan dan gesekan yang dapat merusak layar handphone. Pengguna di mudahkan karena tidak perlu lagi memasang anti gores di luar LCD.

Kamera xiaomi redmi 5 dan xiaomi redmi 5 plus masing-masing memiliki rkapaitas yang sama yakni 12 MP untuk kamera utama atau kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan atau biasa disebut kamera selfie. Redmi 5 plus dilengkapi dengan dual flash dimana kamera tersebut mampu merekam video hingga 4K. Redmi 5 mampu mengabadikan video FHD dengan fitur single LED flash.

Bagian CPU dan chipset kedua jenis xiaomi redmi tersebut menggunakan chipset Qualcomm dan CPU delapan inti. Redmi 5 dibekali processor spapdragon 450 dengan kecepatan kunci 1.8GHz. redmi 5 plus dibekali dengan processor snapdragon 625 dengan kecepatan kunci 2,0Ghz. Processor menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan ketika konsumen ingin membeli Handphone.

Dari segi baterai redmi 5 dibekali dengan kapasitas baterai mencapai 3000 mAh yang cukup untuk digunakan seharian. Redmi 5 plus dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4000 mAh dimana kapasitas tersebut sudah cukup mumpuni dan cukup awet bagi para pengguna handphone aktif. Meski memiliki kapasitas yang tinggi, waktu proses charging pada keduanya tetap mengikuti standar pengisian.

Perbedaan dasar xiaomi redmi 5 dan xiaomi redmi 5 plus

Dari sekian spesifikasi yang sudah dipaparkan sebelumnya, memang ada beberapa perbedaan dasar yang cukup mencolok. Namun perbedaan tersebut kebanyakan terletak pada perbedaan internal. Jika hanya melihat perbedaan eksternal seperti layar dan tampilan. Kedua jenis handphone tersebut hanya mampu dibedakan dari ukurannya saja, itupun tidak terlalu mencolok karena hanya berbeda 0,3 inci saja.

Selain pada perbedaan ukuran layar, perbedaan eksternal yang dapat dijadikan panduan dalam membedakan dari luar atau dari tampilannya saja yakni keberadaan LED flash pada setiap kamera. Jika xiaomi redmi 5 hanya dibekali dengan single LED flash yaitu pada kamera bagian belakang atau kamera utama sedangkan Xiaomi Redmi 5 plus dibekali dengan dual LED flash pada kedua kamera.

Akan tetapi jika dilihat dari spesifikasi eksternal, seperti resolusi dan kerapatan layar, kapasitas baterai, RAM dan storage, serta processor, kedua jenis handphone tersebut jelas sekali memiliki perbedaan yang mencolok. Hanya saja sulit dibedakan jika tidak langsung membuka dan melihat spesifikasi lebih dalam. Apalagi pada bagian processor yang akan bisa ditdeteksi perbedaannya bila dilakukan pengecekan.