Solusi Sederhana Atasi Haid yang Tidak Teratur

Siklus Haid Tidak Teratur

Setiap perempuan yang sudah mengalami fase haid, tentu berharap mendapatkan siklus haid yang teratur. Namun, banyak yang mengeluhkan haid tidak teratur. Mirisnya, fenomena haid yang tidak teratur ini dialami tidak hanya oleh satu dua orang. Oleh karena itu, dibutuhkanlah solusi termudah dan aman untuk mengatasi haid yang tidak teratur setiap bulannya tersebut.

Beberapa Solusi Sederhana Atasi Haid yang Tidak Teratur

Anda yang kebetulan mengalami siklus haid yang tidak teratur tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Mulai dari cara medis dari dokter hingga cara yang paling alami. Namun, yang paling penting untuk diperhatikan saat mengatasi haid tidak teratur adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik dan lebih sehat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Sarapan dengan Menu Roti Gandum

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi siklus haid yang tidak lancar adalah dengan memilih menu sarapan yang tepat. Dalam hal ini, menu yang bisa dijadikan pilihan adalah menu roti gandum. Di dalam roti gandum, ada kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, ternyata kandungannya juga sangat baik untuk melancarkan menstruasi.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengkonsumsi roti gandum ini beberapa hari sebelum siklus menstruasi. Usahakan untuk mengkonsumsinya setiap pagi hari. Inilah yang akan membantu melancarkan siklus menstruasi Anda. Hal ini disebabkan karena kandungan di dalam gandum misalnya kalium, vitamin B dan berbagai jenis nutrisi lainnya yang sangat diperlukan oleh tubuh.

2. Mengkonsumsi Produk Cokelat

Solusi berikutnya yang dapat dijadikan pilihan untuk mengatasi haid yang tidak teratur adalah dengan mengkonsumsi cokelat atau aneka olahan cokelat. Selain rasanya yang enak dan disukai oleh kalangan anak-anak, ternyata cokelat sangat ampuh untuk melancarkan siklus menstruasi Anda. Bahkan, cokelat ini dapat dikonsumsi setiap hari untuk membantu lancarkan haid.

Cara kerja cokelat dalam membantu melancarkan haid adalah dengan membantu melakukan kontrol atas suasana hati seseorang. Sehingga, dengan suasana hati yang baik, maka siklus menstruasinya juga akan semakin lancar. Adapun jenis cokelat yang disarankan untuk Anda konsumsi adalah cokelat berwarna hitam yang di dalamnya terdapat kandungan gula dengan kadar rendah.

3. Mengkonsumsi Ikan Salmon

Selain cokelat, ternyata ikan salmon yang sudah dimasak juga ampuh untuk membantu melancarkan haid. Hal ini disebabkan karena adanya berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, khususnya kandungan Omega 3. Kandungan tersebut terbilang sangat efektif untuk membantu mencegah kram dengan cara merilekskan otot-otot tubuh. Termasuk membuat otot-otot rahim menjadi lebih rileks.

Jenis ikan salmon yang sudah dimasak dengan tepat ini sebaiknya Anda konsumsi saat sedang menstruasi. Kandungan zat besi dengan kadar cukup tinggi di dalamnya akan membantu mengontrol peredaran darah seseorang. Dengan demikian, siklus haid akan menjadi lebih lancar. Selain itu, ikan salmon juga sangat baik untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh seseorang.

4. Mengkonsumsi Yoghurt

Selain beberapa cara melancarkan haid tidak teratur di atas, ada juga cara mudah selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi yoghurt. Produk ini sangat baik dan tepat untuk dikonsumsi saat sebelum menstruasi. Kandungan di dalam produk yoghurt akan membantu merilekskan otot-otot tubuh dan membantu melancarkan menstruasi.

Hal tersebut juga disebabkan lantaran kandungan kalsium di dalam produk yoghurt yang sangat tinggi. Selain membantu melancarkan siklus menstruasi, yogurt juga bisa membantu menurunkan berat badan karena mengontrol kandungan lemak di tubuh serta mencegah terjadinya perut buncit. Oleh karena itu, konsumsi produk yoghurt secara rutin dan teratur.

5. Mengkonsumsi Jeruk

Jeruk juga sangat baik untuk melancarkan haid yang tidak lancar. DI dalam jeruk, ada berbagai kandungan vitamin yang akan mengatasi permasalahan haid pada perempuan. Terlebih kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan dikonsumsi secara rutin dan teratur, haid akan menjadi semakin lancar.

Selain mampu melancarkan haid yang tidak teratur, jeruk juga sangat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kewanitaan yang dapat menghambat kelancaran menstruasi. Misalnya adalah penyakit kista dan lain sebagainya.

6. Mengkonsumsi Pisang

Mengatasi haid yang tidak teratur selanjutnya juga bisa diatasi dengan konsumsi pisang. Di dalam buah satu ini, terdapat beragam jenis kandungan penting misalnya magnesium, B6 dan juga potassium yang akan membantu melancarkan haid seseorang. Selain itu, pisang juga memiliki peran yang penting di dalam membantu melancarkan sirkulasi darah yang berpengaruh kepada kelancaran menstruasi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi pisang secara rutin dan teratur. Terlebih, manfaat di dalamnya tidak hanya melancarkan haid, namun juga membantu melancarkan darah yang ada di sekitar organ reproduksi. Bahkan juga membantu menstabilkan detak jantung serta menurunkan berat badan Anda. Dalam sehari, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi satu buah pisang.

7. Mengkonsumsi Air Hangat

Ada juga cara berikutnya yang sangat baik untuk membantu melancarkan haid seseorang yang tidak lancar. Yakni dengan cara mengkonsumsi air hangat. Ini adalah cara yang sangat murah untuk dilakukan sebagai terapi sehari-hari. Kandungan air putih hangat sangat baik untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Terlebih untuk Anda yang dapat kesehariannya banyak melakukan aktivitas berat.

Air putih hangat ini sebaiknya dikonsumsi sebanyak satu gelas saat pagi hari setelah bangun tidur. Dengan mendapatkan asupan air putih yang mencukupi, Anda pun akan semakin mudah dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan membantu melancarkan haid Anda yang tidak teratur secara alami.

8. Menghindari Jenis Makanan Berlemak

Selain beberapa cara yang disebutkan di atas, ada juga cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk melancarkan haid, yakni dengan menghindari aneka makanan yang menganduk lemak jenuh tinggi. Karena makanan yang berlemak terbukti berdampak buruk pada kesehatan dan metabolisme tubuh. Akhirnya, itu akan berdampak pada haid yang tidak lancar.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki gizi cukup. Dengan asupan nutrisi yang tepat, Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat dan seimbang. Akhirnya haid juga akan menjadi semakin lancar. Adapun contoh jenis makanan berlemak yang harus dihindari adalah berbagai jenis makanan cepat saji yang ternyata tidak baik untuk hormone tubuh.

9. Mengkonsumsi Kacang-Kacangan

Selanjutnya adalah mengkonsumsi jenis kacang-kacangan yang sangat baik untuk mengatasi haid tidak teratur. Sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan akan dapat membantu melancarkan haid lantaran kandungan Omega 3 dan lemak yang baik.

Selain itu, kacang-kacangan juga bisa menjadi jenis lemak yang sangat baik untuk tubuh seseorang. Dan ini akan berdampak pada siklus haid perempuan.

Anda yang kebingungan mengatasi haid yang tidak lancar bisa memilih beberapa alternatif mudah di atas. Selain menjadi solusi mudah yang digemari banyak orang, cara di atas juga merupakan solusi yang sangat aman.