Situs Cek Plagiarisme Gratis

Situs Cek Plagiarisme Gratis

Memiliki konten yang orisinil merupakan hal yang sangat krusial bagi pemilik situs dewasa ini. Para insinyur Google mengharuskan blogger menampilkan konten yang orisinil dan berkualitas jika ingin tayang di halaman pertama pencarian Google, dan disaat yang sama mereka juga akan menghukum situs-situs yang memiliki konten berkualitas rendah seperti hasil copy-paste dari situs lain maupun thin content atau situs yang menampilkan informasi yang tidak lengkap.

Lebih jauh, memiliki konten orisinil merupakan masalah kepercayaan pengunjung sebuah situs. Bagi mereka yang menulis sendiri artikel untuk situs atau blog mereka mungkin dapat menjamin kualitas konten yang mereka tulis. Namun, bagi mereka yang mengelola situs dengan banyak penulis perlu sebuah alat untuk membantu mereka me-ngecek plagiarisme secara efektif dan efisien.

Daftar Situs Cek Plagiarisme Gratis

Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai beberapa situs cek plagiarisme yang dapat Anda gunakan secara gratis sebagaimana kami kutip dari Teknoob.com, simak ulasannya di bawah ini :

1. Copyscape

Copyscape merupakan salah satu situs yang dapat Anda gunakan untuk cek plagiarisme secara gratis untuk mengetahui apakah adalah konten situs Anda yang terindikasi plagiat secara realtime. Untuk menggunakannya, Anda cukup memasukan URL situs Anda dan secara otomatis mesin Copyscape akan memindai situs Anda untuk mencari kesamaan konten situs Anda dengan yang ada di internet saat ini.

Selain scanning URL, Anda juga dapat memeriksa tulisan yang belum dipublish agar dapat memeriksa keaslian konten yang Anda dapatkan dari kontributor atau penulis tamu situs Anda. Namun, yang perlu digaris bawahi adalah batasan dalam versi gratis, Anda hanya dapat memeriksa satu konten setiap hari pada mode gratis dan harus berlangganan Copyscape Premium untuk mendapatkan layanan penuh.

2. DupliChecker

Salah satu cara memeriksa keaslian teks tulisan adalah dengan memeriksanya melalui DupliChecker. Situs ini memiliki mesin yang secara khusus melakukan scanning terhadap konten Anda, cukup masukan teks maksimal 1000 kata yang Anda miliki dalam form yang telah disediakan.

Jika telah selesai melakukan scanning, DupliChecker akan menampilkan tingkat keaslian teks yang Anda miliki dalam bentuk persentase. Jika tidak ada kesamaan konten dengan situs lain, maka akan muncul tulisan No Plagiarism Detected!

Fitur menarik lainnya dari situs ini adalah adanya fitur pengecekan lainnya seperti Grammar, Paraphrassing, Keyword Position Checker dan Backlink Checker yang sangat berguna bagi Anda pemilik situs.

3. Dustball

Situs lainnya untuk cek plagiarisme secara gratis adalah Dustball. Tampilan situs yang sederhan menjadi salah satu alasan utama situs ini masuk dalam daftar kami.

Saat membuka halaman awal situs ini Anda akan langsung mendapati kolom yang dapat Anda gunakan untuk memasukan teks atau artikel yang ingin diperiksa keasliannya. Namun, sayangnya pada versi gratis aplikasi ini hanya memungkinkan Anda untuk memeriksa artikel sepanjang 1000 kata, dan jika ingin memakai fitur premium diharuskan untuk membayar US$8, yang diklaim memberikan hasil scanning yang lebih akurat.

4. PlagTracker

Situs keempat yang menawarkan alat pengecekan konten adalah PlagTracker. Anda dapat melakukan scanning terhadap teks atau tulisan Anda untuk mengetahui sejauh mana keaslian teks yang Anda miliki, jika menemukan kesamaan konten, maka Anda akan mendapati notifikasi dan link sumber tulisan yang memiliki kesamaan dengan teks Anda.

Anda bisa menggunakan PlagTracker secara gratis, namun versi gratis tools ini terbatas pada 5000 kata saja. Selebihnya Anda harus membayar untuk mendapatkan pelayanan premium yang berisi scanning plagiarisme secara unlimited dan otomatis.

5. Plagiarism Checker SmallSEOTools

Aplikasi untuk cek plagiarisme yang umum digunakan oleh pemilik situs di Indonesia adalah Plagiarism Checker SmallSEOTools. Layanan ini dapat Anda gunakan secara gratis dan tanpa perlu registrasi.

Tools dari SmallSEOTools ini memiliki user interface yang mudah dipahami bahkan untuk pemula. Anda dapat melakukan scanning terhadap teks, dokumen atau URL situs Anda untuk mengetahui sejauh mana orisinalitas konten yang Anda miliki.

Salah satu keunggulan yang sangat krusial adalah mereka menyediakan Plugin untuk pengguna WordPress, sehingga Anda tidak perlu melakukan pengecekan satu persatu secara manual. Cukup klik tombol Check Plagiarism dari halaman dashboard wordpress maka Anda dapat membanding konten yang Anda miliki secara menyeluruh.

Demikian pembahasan mengenai Situs Cek Plagiarisme Gratis semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menghindari plagiatisme saat menulis konten.