website pajak stnk

Website Pajak

Demi mempermudah masyarakat, terutama Wajib Pajak Pribadi maupun badan dalam mengakses informasi serta melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai pelaku pajak, Ditjen Pajak membuka layanan online melalui wesbite mereka.

Kini hadirnya website pajak diklaim lebih mudah menjangkau masyarakat dan mampu menjawab segala keraguan Wajib Pajak selama ini tentang pajak Indonesia.

Website Pajak Online

Website Pajak online yang dimiliki oleh Ditjen Pajak hingga saat ini memang menyediakan sederet program bagi Wajib Pajak supaya lebih mudah diakses dengan cepat.

Apalagi zaman sekarang, hampir seluruh masyarakat memiliki Smartphone dan PC dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari, sehingga penerbitan beberapa informasi terbaru lebih efektif melalui jalur online.

Setidaknya, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa website milik Ditjen Pajak yang bisa diakses tanpa harus takut terjebak dengan hoax apalagi penipuan.

1. Pajak.go.id

Tentu saja www.pajak.go.id merupakan website nomor wahid yang selalu dicari oleh Wajib Pajak dalam mengakses informasi terbaru dan membaca siaran pers-nya.

Di sini, Anda juga bisa belajar pajak secara online jika memang tidak punya waktu untuk mengikuti seminar pajak pada hari tertentu.

Beberapa pengumuman terkini juga selalu di-update oleh admin Ditjen Pajak setiap saat, sehingga menjamin Anda tidak pernah ketinggalan berita apalagi merasa kudet (kurang update).

Website ini juga berisi seluruh hal tentang perpajakan yang paling lengkap dan bebas dari penipuan serta penyebaran hoax, sehingga bagi Anda Wajib Pajak baru tidak perlu khawatir ataupun merasa takut dibohongi.

2. E-Filing

Sebenarnya E-Filing sudah bisa diakses melalui Pajak.go.id, tetapi tidak ada salahnya Anda yang tidak ingin terlalu ribet bisa langsung masukke www.pajak.go.id/e-filing untuk melaporkan dan menyampaikan SPT Tahunan orang pribadi atau badan.

‘Keuntungan menggunakan e-filing adalah Anda tidak perlu mengisi banyak berkas fisik dan datang ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama karena namanya online, maka bisa diakses kapan pun dan di mana pun sesuka hati.

Asalkan, tidak terlambat melaporkan SPT Tahunan yang berakhir pada 31 Maret tiap tahunnya.

3. Kring Pajak

Website Kring pajak merupakan tempat pengaduan dan live chat bagi Wajib Pajak yang ingin menyampaikan uneg-uneg atau pun sesuatu yang berkaitan langsung dengan pajak.

Anda bisa mengaksesnya melalui pengaduan.pajak.go.id.

Di website ini ada beberapa menu yang bisa diakses antara lain, cara pengaduan, panduan IVR dan lainnya.

4. E-Billing

e-Billing merupakan website atau tempat untuk membayar pajak bagi Wajib Pajak yang ingin melaksanakan kewajiban serta kepatuhannya sebagai Warga Negara Indonesia untuk turut serta memberikan pemasukan bagi negara.

Melalui e-billing Anda bisa membayar pajak dengan mengisi beberapa form yang disuguhkan lalu akan mendapatkan kode e-billing sebagai digit untuk membayar di ATM, kantor pos, dan i-banking.

Dibandingkan sistim manual, e-billing akan menghindarkan Anda dari antrean apalagi waktu yang lama, sehingga kewajiban segera gugur dan terlaksana.

5. E-Faktur

Selain e-Billing, ada juga yang bernama e-Faktur yang bisa diakses di alamat www.pajak.go.id/content/e-faktur-0 melalui browser Anda masing-masing.

Fungsi e-Faktur ini adalah untuk membuat faktur pajak bagi para pengusaha kena pajak. Melalui bentuk aplikasi dan website ini, diharapkan pembuatan faktur jadi lebih mudah dan cepat.

6. Amnesti pajak

Inilah yang sempat menggemparkan publik, yakni amnesti pajak atau pengampunan pajak bagi Wajib Pajak. Melalui website www.pajak.go,id/content/amnesti-pajak Anda bisa mencari tahu pelbagai hal mengenai amnesti pajak dan seluk beluknya. Bahkan bisa melakukan chatting secara pribadi dengan admin di sini.

Meskipun sudah ada website pajak yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan Wajib Pajak, tetapi Anda bisa memanfaatkan jasa konsultan pajak yang dinilai lebih mudah diajak berkomunikasi atau malah segala hal yang Anda butuhkan bisa terjawab dalam satu waktu.