Kota Tua Semarang

Wisata Kota Tua di Semarang

Apabila Anda sedang merencanakan perjalanan ke tempat wisata di Semarang, maka jangan sampai Anda melewatkan kunjungan ke salah satu destinasi wisata yang ada di sana yakni kota Tua Semarang. Karena meskipun semua lokasi wisata Semarang telah Anda kunjungi, akan tetap terasa kurang jika Anda belum menapakkan jejak di area kota yang dulunya menjadi pusat perdagangan dan pemerintahan belanda pada masa penjajahan itu.

Apa yang istimewa dari kota Tua Semarang ?

Kota Tua Semarang telah menjadi salah satu lokasi wisata favorit bagi para wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara. Di kawasan kota lama Semarang, Anda bisa bernostalgia menikmati berbagai destinasi wisata yang masih kental dengan aroma kuno zaman kolonial dahulu. Di sini, berdiri setidaknya 50 bangunan kuno dengan konsep arsitektur eropa era 1.700-an yang bisa Anda nikmati keindahannya.

Tak hanya itu, di kawasan kota Tua Semarang Anda juga bisa mengabadikan momen perjalanan wisata dengan berfoto di beberapa spot yang Anda inginkan. Foto-foto yang Anda ambil di area ini dijamin akan terlihat lebih istimewa karena berlatar bangunan-bangunan kuno yang mungkin tidak akan bisa dijumpai di tempat lain.

Selain itu, bagi Anda yang lebih menyukai konsep modern. Di area kota lama Semarang juga terdapat beberapa destinasi wisata yang telah didesain dengan konsep yang lebih modern dan kekinian. Penasaran dengan destinasi wisata apa saja yang terdapat di sekitaran kota lama Semarang ? yuk mari disimak ulasannya dibawah ini.

Destinasi wisata populer di kota Tua Semarang

1. Taman Srigunting

Taman Srigunting dulunya merupakan lokasi latihan baris-berbaris bagi para tentara Belanda. Setelah kemerdekaan, taman ini sempat ditutup oleh masyarakat sekitar namun akhirnya dibuka kembali pada tahun 2001 silam.

Pasca dibuka, taman srigunting yang juga dikenal dengan nama parade plein itu, selanjutnya dijadikan sebagai lokasi berkumpul bagi para warga. Beberapa pertunjukan seperti pentas musik, juga sering diadakan di lokasi ini. Puncaknya pada tahun 2004, dibangunlah berbagai sarana rekreasi yang membuat taman srigunting semakin menarik dan menjadi tujuan destinasi para wisatawan.

Adapun aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di lokasi taman srigunting diantaranya ialah menonton pertunjukan musik, menikmati sajian kuliner khas Semarang dan berkumpul bersama komunitas.

2. Pasar klintikan

Bagi Anda yang suka mengoleksi barang-barang antik. Maka pasar klintikan yang ada di area kota lama Semarang bisa dijadikan lokasi yang pas untuk berburu berbagai macam barang antik.

Di sini Anda bisa membeli lukisan, uang kuno, radio, mesin tik, setrika arang bahkan motor jadul dengan harga yang bervariasi sesuai tingkat kekunoan barang. Semakin kuno barang antik tersebut, maka harga yang harus Anda bayar pun akan semakin mahal.

Tapi jangan khawatir. Barang-barang antik di sini tidak harus dibeli. Jika Anda merasa cukup dengan hanya mengoleksi foto-foto barang antik, para penjual di pasar klintikan biasanya mengizinkan Anda untuk sekedar mengambil foto dagangan mereka.

3. Old City 3D Art Museum Semarang

Nah kalau ini khusus bagi Anda yang lebih menyukai konsep wisata modern. Karena memang, bangunan dan sarana yang ada di dalamnya, telah dikonsep dengan desain yang lebih modern dan kekinian.

Sesuai dengan namanya, museum ini merupakan tempat berkumpulnya lukisan-lukisan 3 dimensi yang sekilas akan tampak seperti nyata. Dengan bantuan para staf Old City 3D Museum, Anda bisa memanfaatkan lukisan-lukisan tersebut untuk mendapatkan spot foto yang hasilnya akan membuat Anda seolah-olah sedang berada di dalam lukisan tersebut.

Nah itulah beberapa destinasi wisata Semarang yang bisa ada di kota Tua Semarang. Bila menginginkan informasi destinasi wisata Semarang yang lebih lengkap. Artikel ini dikutip dari situs wisata www.asliindonesia.net yang merupakan sumber rujukan penulisan artikel ini.